Tim Balai Arkeologi Sumut Kembali Temukan Kerangka Manusia Purba Berusia 3.000 Tahun di Aceh

Tim Balai Arkeologi Sumut Kembali Temukan Kerangka Manusia Purba Berusia 3.000 Tahun di Aceh

Kerangka Manusia di Aceh (Foto: Istimewa)

Sipayo.com – Balai Arkeologi Medan, Sumatera Utara kembali menemukan kerangka manusia purba yang diduga telah berusia 3.000 tahun di kaki bukit Mandale, Takengon, Aceh. Dua kerangka itu kondisinya masih utuh. Hanya saja tengkorak kepalanya agak hancur.

Ketua tim peneliti Ketut Wiradnyanya mengatakan, dua kerangka itu terkubur serta tertindih dengan batu dalam kondisi kaki terlipat dan tengkoraknya rusak. Namun demikian kondisi kerangka masih dalam keadaan utuh.

“Tapi yang menarik pada temuan kali ini adalah dua kerangka arahnya menghadap ke Barat-Timur. Lalu dikelilingi periuk periuk bekal kubur di atas dan di samping badannya,” ujar Ketut saat dihubungi wartawan, Minggu (20/5).

Di sisi lain, sebut Ketut, uniknya temuan mereka kali ini adalah cara penempatan mayatnya. Jika sebelumnya yang pernah ditemukan mengarah ke Timur-Barat, tapi kali ini malah sebaliknya.

“Kami belum mengetahui pasti tentang makna arah penempatan dua kerang tersebut. Akan tetapi ini bisa dimaknai dimana saat mereka bangun langsung berhadapan dengan matahari,”ucap Ketut.

“Kedua kerangka itu kepalanya mengarah ke Barat. Atau karena mereka di Barat tetap dia orientasinya berpikir ketika mereka bangun sudah langsung melihat matahari dan langsung melihat asalnya, kan bisa juga begitu etos kehidupan, tapi kita belum tau pasti,” tambahnya.

Penelitian tersebut sudah berlangsung sejak 8 Mei dan akan berakhir pada 30 Mei mendatang. Sementara temuan kerangka ini, ditemukan pada Rabu (16/5) lalu di kedalaman 50 centimeter.

“Kedalamannya memang dangkal sekali di atas lapisan neolitik. Kita meyakini masih ada kerangka lainnya,” sebut Ketut.

Kemudian kata dia, di lokasi temuan pihaknya menemukan seperti adanya aktivitas penguburan dan di sekelilingnya banyak ditemukan proton-proton yang jarang mereka temui pada penelitian-penelitian sebelumnya.

Penemuan kerangka manusia purba di Adeh Tengah ini, bukan kali pertama ditemukan oleh tim Ketut. Sebelumnya beberapa tahun silam mereka juga menemukan fosil kerangka manusia di kawasan Curut Mandale dan Uning Karang.