Agus Alfian Ginting Ajak Mahasiswa Lestarikan Sungai di Deli Serdang

Agus Alfian Ginting Ajak Mahasiswa Lestarikan Sungai di Deli Serdang

Sipayo.com – Sungai sudah menjadi bagian penting dari kehidupan manusia. Selain air sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari, di sungai juga terdapat bermacam- macam ikan yang bisa dikonsumsi dan dapat memenuhi gizi yang dibutuhkan manusia.

Akan tetapi beberapa tahun belakangan ini air sungai banyak yang sudah tak jernih lagi. Tak hanya keruh dan berwarna coklat bahkan hitam, air sungai juga kerap kali berbau tak sedap. Air sungai sudah tidak bisa digunakan untuk berbagai keperluan karena kandungan airnya sudah tidak sehat lagi. Tercemarnya air sungai banyak yang disebabkan oleh kebiasaan buruk dan kelalaian manusia.

Berbagai penyebab pencemaran sungai terjadi akibat limbah rumah tangga, limbah industri, limbah pertanian, pemukiman dipinggir sungai, dan banyaknya masyarakat yang masih membuang sampah sembarangan.

Bila kelima poin tersebut dibiarkan, maka berbagai dampak negatif dari sungai pun akan terjadi. Timbulnya berbagai penyakit dari mikroba pathogen, sungai menjadi kumuh, hingga berkurangnya kehidupan ikan- ikan di dalamnya. Reaksi kimia di dalam air sungai juga menjadi lebih cepat, hingga menyebabkan produktivitas tanaman di sekitarnya menjadi terganggu, serta akan mengurangi wisatawan yang berkunjung.

Melihat kondisi sungai yang saat ini semakin mengkhawatirkan, Agus Alfian Ginting selaku pemuda Desa Sayum Sabah, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, mengajak teman-temannya kalangan mahasiswa untuk memberikan contoh kepada masyarakat agar dapar menjaga kelestarian sungai.

Mahasiswa yang kini sedang menimba ilmu di Kampus AMIK MBP Medan ini turut berhap agar Pemerintah Kabupaten Deli Serdang turut ikut ambil bagian dalam meningkatkan kelestarian sungai.

Agus pun menyarakan agar Pemkab Deli Serdang memberikan pendidikan kepada masyarakat tentang arti penting sungai dan cara melindungi kebersihan sungai.

“Pemerintah perlu menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk merawat sungai- sungai di sekitar pemukiman, tidak membuang sampah dan limbah apa pun ke sungai, serta mengelola limbah dengan baik, sehingga tidak berbahaya ketika dibuang ke sungai,” ujar Agus.

Selanjutnya kata Agus, menjaga kelestarian hutan di sekitar sungai juga penting. Begitu pula diingatkan kepada masyarakat agar tidak mendirikan bangunan di tepi Sungai. “Menanam pohon di lahan tepi sungai juga penting agar tidak terjadi erosi,” himbaunya.

“Pemerintah juga perlu mengedukasi masyarakat agar dapat membersihkan sungai dari sampah secara berkelanjutan. Selanjutnya membuat aturan yang jelas tentang pelarangan membuang sampah dan limbah di sungai, serta menindak tegas para pelanggar aturan tersebut,” pungkasnya.

Keterangan foto: Agus Alfian Ginting bersama sejumlah mahasiswa melakukan kegiatan membersihkan sungai di Desa Sayum Sabah, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, baru-baru ini.