Inilah 3 Cara Selamatkan Smartphone Kamu Jika Terkena Air

Inilah 3 Cara Selamatkan Smartphone Kamu Jika Terkena Air
Foto : Ilustrasi 
Sipayo.com – Smartphone yang terkena air atau jatuh ke dalam genangan air merupakan hal yang sangat menyebalkan. Bagaimana tidak, sebagai perangkat elektronik, ponsel yang terkena air hampir dapat dipastikan rusak.

Untuk itu, tak jarang pengguna smartphone hanya bisa pasrah ketika perangkatnya bersinggungan dengan air. Namun, ternyata ada beberapa cara untuk mencegah kerusakan ponsel akibat terkena air.

Berikut ini 3 cara yang bisa kamu lakukan untuk menyelamatkan Ponsel kamu jika terkena air  :

1. Biarkan Ponsel Mati

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memutuskan daya ponsel dengan melepas baterainya atau mematikan ponsel. Jangan mencoba untuk menghidupkannya kembali, karena komponen elektronik bisa rusak saat terkena air sekaligus mendapat aliran listrik.

2. Bongkar Ponael

Kamu selanjutnya harus membuka seluruh penutup ponsel seperti case, mengeluarkan kartu sim dan kartu memori eksternal. Jika berpengalaman membongkar ponsel, kamu bisa membuka semua bagian ponsel agar dapat mengering lebih cepat.

3. Mengeringkan Ponsel

Agar air dalam ponsel lebih cepat mengering, kamu bisa melakukan beberapa cara. Jangan mengunakan hair dryer atau menjemur ponsel di bawah sinar matahari langsung karena suhu tinggi dapat merusak komponen ponsel. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan memasukkan ponsel ke dalam beras lalu diamkan selama minimal 24 jam.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan silica gel yang berfungsi sebagai bahan penyerap kelembaban sehingga bisa membantu kamu mengeringkan ponsel lebih cepat. Kamu bisa meletakkan ponsel di dalam wadah tertutup yang dipenuhi dengan kantong-kantong berisi silica gel.