Dalam Waktu Dekat Jokowi Kemungkinan Copot Menteri PAN Asman Abnur dari Kabinet

Dalam Waktu Dekat Jokowi Kemungkinan Copot Menteri PAN Asman Abnur dari Kabinet

Menteri Sekretaris Negara Pratikno (Foto: Istimewa)

Sipayo.com – Sekretaris Negara Pratikno menyatakan, perombakan kabinet kerja alias reshuffle dapat saja terjadi, setelah Partai Amanat Nasional (PAN) tak lagi berada dalam partai koalisi pemerintahan saat ini.

Menteri Kabinet Kerja asal PAN yang kemungkinan diganti adalah Asman Abnur. Ia adalah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara, Reformasi, dan Birokrasi (Menpan RB). Keputusan PAN yang mendukung pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019 berdampak pada komposisi Kabinet Kerja.

Asman saat ini menjabat Menteri PAN-RB. Kemungkinan pencopotan Asman disampaikan oleh Mensesneg Pratikno.

“Kalau ada pertanyaan kemudian, oh apa akan ada reshuffle dalam waktu dekat, ya mungkin saja. Kita tunggu keputusannya. Karena ini konsekuensi dari dinamika politik perkoalisian,” ujar Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (14/8).

Pratikno menjelaskan Asman akan direshuffle karena saat ini PAN sudah pecah kongsi dengan Jokowi. Menurut dia, dibutuhkan suatu formula untuk membuat koalisi dan pemerintahan makin solid.

“Memang sejak pendaftaran capres kemarin kan koalisi sudah terbentuk. Artinya ada yang di sini, ada juga yang di sana. Tentu saja ini menjadi pemikiran di partai koalisi, bagaimana mengokohkan koalisi,” tutur dia.

Namun, Pratikno menjelaskan keputusan soal reshuffle menunggu Presiden Jokowi. Karena saat ini, Jokowi masih berada di Nusa Tenggara Barat untuk meninjau gempa.

“Ini tentu saja akan diputuskan dalam waktu yang cepat. Kita tunggu saja keputusan Pak Presiden,” jelas Pratikno.

Selain itu, Pratikno menjelaskan bahwa terlepas dari faktor PAN yang sudah mendukung Prabowo, Jokowi sangat puas dengan kinerja Asman. Menurut dia, secara kinerja, Asman sama sekali tidak bermasalah.

“Pak Presiden kalau terkait dengan kinerjanya, ini kan bicara tentang PAN, kalau kinerjanya Menteri PAN di pemerintahan dalam hal ini Pak Asman Abnur beliau sangat-sangat puas, sangat-sangat bagus,” ujarnya.