Hari Ini Akan Digelar Diskusi Go Digital di Kabanjahe

Hari Ini Akan Digelar Diskusi Go Digital di Kabanjahe

Foto : Petani Go Digital

Sipayo.com – Indonesia dikenal sebagai negara agraris karena sebagian besar penduduk Indonesia mempunyai pencaharian di bidang pertanian atau bercocok tanam.

Sebagai negara agraris, kesejahteraan petani di Indonesia masih sangat kurang. Hal ini bisa mengancam keberlangsungan pasokan pangan dan meningkatkan ketergantungan Indonesia pada produk pangan impor.

Maka dari itu, Petani Go Digital membuat sebuah diskusi bertempat di sebuah cafe X/O Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sabtu (4/8/2018) diskusi ini mengenai Petani Go Digital yang dimulai pada pukul 19:00-21:00 WIB.

Materi yang dibawakan ada sebanyak 3 materi yaitu Dunia & Budaya Digital, Membangun Brand Digital, UKM Go Digital.

Diskusi ini juga akan menghadirkan 3 narasumber yaitu Mahendra Telapta Sitepu (Founder Hagatekno MI, Founder Metamorvo Inkubator), Badia Tarigan (Program Mgr, Google – Gapura Digital) dan Ronaldi Tumanggor (COO Pak Tani Digital, Founder ruangmahasiswa.com).

Diskusi Petani Go Digital ini nantiya untuk mencari solusi terpadu berbentuk aplikasi digital yang mempertemukan petani dengan pembeli akhir serta pemangku kepentingan lainnya di bidang pertanian, yakni penjual alat-alat pertanian, pemilik angkutan, investor dan pemerintah. Melalui Pak Tani Digital, seluruh petani dapat beriklan gratis selamanya.

Selama ini diketahui memang masih banyak masalah pertanian masih belum pernah bisa dicari solusi. Padahal semua pemangku kepentingan, stakeholder, pemerintahan, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), dan masyarakat
sudah ikut terlibat untuk mencari solusi petani namun tetap saja petani belum sejahtera.

Dimana, Go Digital ini akan membuat terobosan agar petani dengan bantuan digitalisasi dapat meningkatkan kesejahteraan para petani.

Go Digital menyediakan kesempatan untuk petani beriklan gratis selamanya. Hal ini termasuk upaya secara tidak langsung untuk dapat meningkatkan kesejahteraan para petani.

Dalam diskusi ini nantinya akan diperkenalkan berbagai fitur yang disediakan dalam Pak Tani Digital yang dapat memudahkan aktivitas para petani. Fitur-fitur tersebut antara lain fitur pasar online yang memungkinkan petani menjual hasil panen langsung ke pembeli akhir tanpa tambahan biaya transaksi, fitur supplier yang memudahkan petani mendapatkan alat pertanian seperti bibit, cangkul dan traktor dengan harga terbaik, fitur transporter dimana pemilik pemilik angkutan bisa mengiklankan layanan untuk mengangkut hasil pertanian bagi petani, fitur peta harga dan komoditi untuk mencegah terjadinya banjir komoditi tertentu, dan fitur koperasi.

Petani Go Digital ini juga di supported oleh Karo ITB, X/O Coffe Shop, Haga Tekno, New Sablon Medan, Metamorvo, Jabu. Dan di media patner oleh Sipayo.com, KilasNusa.com dan Ruang Mahasiswa.