Ini 4 Langkah Mudah untuk Mengatasi Emosi

Ini 4 Langkah Mudah untuk Mengatasi Emosi

Foto : Ilustrasi

Sipayo.com – Emosi merupakan sebuah perasaan yang sulit dikontrol dan dapat berdampak buruk bagi seseorang atau lingkungan sekitar. Emosi ini seringkali ditunjukan untuk seseorang atau sesuatu sebagai bentuk reaksi yang diterimanya. Banyak orang sulit untuk mengontrol emosi sehingga jadi meledak-ledak dan berdampak negatif.

Dimana, kemampuan orang dalam mengatasi kemarahan pun berbeda-beda, tergantung bagaimana dulu orang tua mendidik kita.

Berikut inilah 4 tips untuk mengendalikan emosi :

1. Menjadi Sadar

Menciptakan kesadaran bisa membuat perbedaan dalam diri Anda sendiri. Ketika Anda memiliki keberanian untuk mundur dan mengatakan, “Ada sesuatu di sini,” Anda menciptakan peluang untuk transformasi.

Hanya dengan kesadaran inilah Anda bisa membuat pilihan baru, tekan atau ekspresikan.

2. Masuk Ke Perasaan dan Emosi Anda

Sekarang setelah Anda sadar, Anda harus benar-benar masuk ke sana dan merasakan emosinya.

Jatuhkan ke tubuh Anda. Rasakan kepala, dada, perut, lengan, dan kaki Anda. Di mana perasaan itu berada? Apakah Anda merasa sesak di dada Anda? Sebuah bola kemarahan di perut Anda? Atau rasa panas yang naik dari kepala Anda?

Apa yang Anda rasakan? Harus spesifik. Gunakan kata-kata perasaan tanpa memikirkan kata-kata.

Seperti, “Saya merasakan kemarahan yang terasa seperti panas yang naik dari kepala saya.” Atau, “Saya merasakan kesedihan yang terasa seperti ketegangan yang menekan paru-paru dan dada saya.”

3. Jelajahi

Masuk ke perasaan Anda membuat Anda ingin menjelajahi dan mendengarkan pesan.

Sekarang adalah waktu untuk menulis jurnal Anda, entah itu dengan kertas dan pena atau di komputer. Dari perasaan ini, tulis. Tulis apa yang Anda temukan di langkah kedua: perasaan khusus.

Kemudian tulis tentang semua pikiran yang terkait dengan perasaan itu. Selami perasaan untuk menjelajahi kisah yang dipikirkan oleh pikiran dan tubuh Anda tentang perasaan itu.

Tulis dan tulis seolah-olah itu bawang dan Anda mengelupas lapisan. Setiap pikiran atau ekspresi baru yang muncul dari perasaan adalah lapisan lain. Selami perasaan itu dan ekspresikan apa pun yang perlu diungkapkan.

4. Identifikasi Keinginan atau Kebutuhan Anda

Mungkin perlu waktu untuk menyelami inti perasaan Anda. Beri diri Anda waktu dan ruang untuk melakukannya. Terus berjalan sampai Anda merasakan emosi mulai larut dan hati Anda terbuka.

Ketika ruang itu diciptakan, tanyakan pada diri Anda, “Apa yang saya inginkan, inginkan atau butuhkan?” Hati Anda mungkin mendorong Anda untuk mengambil tindakan tertentu, seperti berbicara dengan orang yang menjadi pusat kemarahan Anda. Mungkin ekspresi diri sudah cukup.

Apa pun itu, ini adalah titik kekuatan Anda. Anda telah mendengar hati Anda sepenuhnya dan memberi ruang kepada diri Anda untuk membuat tempat baru.