Ini Tips Amankan Akun Instagram Anda dari Pembajakan

Ini Tips Amankan Akun Instagram Anda dari Pembajakan

 

Sipayo.com – Instagram merupakan sebuah aplikasi yang bisa dipakai oleh seluruh pengguna smartphone berbasis Android dan juga iOS. Aplikasi yang satu ini sangat memudahkan kita dalam berbagi foto atau video. Dan instagram ini juga merupakan aplikasi yang sangat efektif untuk dijadikan sebagai alat untuk mempromosikan bisnis atau dagangan kita.

Apalagi jika follower kita semakin banyak, tentu peluang untuk mempromosikan bisnis kamu juga semakin besar keberhasilannya.

Jika Anda tiba-tiba mendapat notifikasi email dari Instagram yang memberitahu kalau ada permintaan perubahan password, padahal tak memintanya, Anda mesti waspada. Bisa saja akun Anda tengah dibajak.

Sebab, baru-baru ini dilaporkan bahwa terdapat ratusan pengguna Instagram kehilangan akses terhadap akunnya akibat pembajakan. Peretasan ini diduga dilakukan oleh oknum yang berasal dari Rusia, karena email yang sekarang terintegerasi dengan akun-akun tersebut berasal dari penyedia layanan email di Rusia.

Pada beberapa kasus, ada juga yang tiba-tiba tidak bisa masuk ke akunnya karena kata kunci untuk akunnya berubah dengan sendirinya.

Untuk menjaga akun Instagram Anda dari peretasan, berikut adalah sejumlah tips yang dapat dilakukan agar akun Anda tetap aman, seperti tertulis pada laman Instagram.

1. Jika Anda menerima email dari Instagram berisi notifikasi bahwa email yang terintegerasi dengan akun Anda telah diganti dan bukan Anda yang membuat perubahan tersebut, klik tautan revert this change pada email, kemudian ganti kata sandi Anda.

2. Buatlah kata sandi yang kuat. Gunakan kombinasi dari setidaknya enam karakter angka, huruf, dan tanda baca (seperti ! dan &). Usahakan untuk menggunakan kata sandi yang berbeda pada akun di platform-platform lain.

3. Cabut akses yang pernah Anda berikan terhadap aplikasi-aplikasi pihak ketiga yang mencurigakan.

4. Aktifkan fitur keamanan autentikasi dua faktor.

Instagram mengklaim akan meningkatkan fungsi dan kinerja fitur autentikasi dua faktor. Sampai sekarang, Instagram masih mengandalkan SMS untuk fitur keamanan ini, yang notabene tak seaman metode-metode yang menggunakan aplikasi authenticator.

Menyoal kasus peretasan yang sedang berlangsung, pengaturan keamanan yang lebih kuat tentu tidak membantu para pengguna yang sudah kehilangan akses terhadap akunnya. Untuk kasus-kasus tersebut, Instagram berjanji pengguna yang telah mengontak Instagram akan segera mendapatkan respons.