Sambut 17 Agustus 2018, Warga Sugihen Gelar Gotong Royong

Sambut 17 Agustus 2018, Warga Sugihen Gelar Gotong Royong

Sipayo.com – Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 pada 17 Agustus 2018 mendatang, warga Desa Sugihen, Kecamatan Juhar, Kabupaten Karo, menggelar kegiatan gotong royong membersihkan desa mereka.

“Selain menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73, kegiatan gotong royong membersihkan desa juga digelar dalam rangka menyongsong perayaan kerja tahun (pesta tahunan) yang bakal digelar dalam waktu dekat,” ujar Tokoh Masyarakat Desa Sugihen, Aprianto Kaban, Sabtu (11/8/2018).

Menurut Aprianto, kegiatan gotong royong tidak hanya melibatkan kalangan dewasa, namun juga turut diikuti oleh siswa SD. Selanjutnya, kegiatan ini merupakan prakarsa dari pihak Perangkat Desa yang bekerjasama dengan Kader Lansia, dan Posyandu.

Aprianto menyebutkan bahwa pegelaran kerja tahun di Desa Sugihen dilaksanakan setiap tahunnya dengan cukup unik karena berbarengan dengan perayaan HUT Kemerdekaan RI.

Selain unik karena turut menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI, kerja tahun di Desa Sugihen juga setiap tahunnya dibarengi kegiatan ndurung, yakni mencari ikan (nurung) di kolam atau sungai. “Untuk tahun ini belum dapat dipastikan apakah kegiatan khas ini akan turut dilaksanakan sebagaimana tahun-tahun sebelumnya,” terangnya.

Aprianto menambahkan bahwa kegiatan ndurung ini merupakan salah satu yang khas dalam perayaan kerja tahun di Kabupaten Karo. Namun akhir-akhir ini, hanya Desa Sugihen yang selalu rutin melaksanakannya.