Seperti Ini Rancangan Struktur Tim Pemenangan Jokowi di Pilpres 2019

Seperti Ini Rancangan Struktur Tim Pemenangan Jokowi di Pilpres 2019

Sipayo.com – Partai koalisi pendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) tengah memfinalisasi bangunan struktur tim pemenangan yang akan bekerja di Pilpres 2019. Sekjen Perindo Ahmad Rofiq menjelaskan, akan ada sepuluh direktorat yang bekerja untuk pemenangan Jokowi.

Sepuluh direktorat ini merupakan mesin yang berfungsi sebagai eksekutor tim pemenangan Jokowi. Di atas sepuluh direktorat ini, akan ada ketua timses, bendahara, sekretaris, dewan pengarah, tim sekretariat hingga dewan penasihat. Rofiq menjelaskan masing-masing direktorat akan dipimpin satu orang direktur.

“Ada sepuluh direktur yang akan menjadi bagian dari tim pemenangan. Direktur itu beragam sekali, ada direktur terkait IT dan media. Ada yang terkait dengan relawan. Ada yang terkait dengan saksi, lalu logistik. Jadi macem-macem. Jadi seluruh kebutuhan tim pemenangan itu diterjemahkan di dalam bentuk direktorat itu,” kata Rofiq saat dihubungi, Senin (6/8).

Dia mengatakan, tiap direktorat bisa dipimpin oleh kader partai politik koalisi maupun nonparpol. Misalnya, kata dia, para ahli yang memiliki spesifikasi tertentu seperti kalangan akademisi dan profesional.

“Nah, itu nanti juga yang akan mengisi bisa jadi orang-orang parpol. Bisa jadi para ahli yang memang punya spesifikasi dalam pemenangan, misalnya tokoh masyarakat, akademisi yang di luar parpol juga bisa mengisi, profesional,” ujar Rofiq.

Sementara, lanjutnya, untuk ketua tim pemenangan akan ditunjuk langsung oleh pasangan capres-cawapres. Untuk wakil ketua tim pemenangan akan diisi oleh kader partai politik.

“Ketua tim pemenangan ditunjuk langsung oleh presiden. Lalu wakil-wakil ketua tim pemenangan itu diusulkan oleh setiap parpol koalisi masing-masing satu (orang). Lalu sekretaris tim itu diisi oleh seluruh sekjen. Dewan pengarah diisi oleh ketua umum,” tutup Rofiq.

Struktur timses Jokowi terdiri dari ada ketua, sekjen, dan bendahara yang akan dipilih oleh Jokowi dan cawapresnya kelak. Lalu, ada dewan pengarah tim pemenangan yang akan diisi oleh ketua umum dari 9 parpol yang mengusung Jokowi dan cawapres. Kemudian ada tim penasihat.

Di bawah ketua, dewan pengarah dan penasihat, akan ada tim sekretariat yang terdiri dari 9 sekjen parpol pendukung. 9 sekjen parpol ini akan membawahi 34 koordinator wilayah yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia. Di bawah tim sekretariat yang berisi sekjen, barulah ada 10 direktorat khusus sebagai eksekutor per bidang.