Arya Sinulingga: Polisi Harus Cepat Respons Kasus Pembalakan Liar di Lingga Muda

Arya Sinulingga: Polisi Harus Cepat Respons Kasus Pembalakan Liar di Lingga Muda

Sipayo.com – Aksi pembalakan liar hutan lindung yang terjadi di kawasan Deleng Tongkoh, Desa Lingga Muda, Kecamatan Lau Baleng, Kabupaten Karo telah berlangsung dalam beberapa waktu belakangan. Akibatnya, puluhan hektare hutan gundul sehingga menimbulkan keresahan di tengah masyarakat.

Warga merasa khawatir, perambahan hutan tersebut sewaktu-waktu akan menyebabkan erosi dan banjir bandang. Selain itu, masyarakat juga turut mengeluhkan kondisi mata air dari hutan yang kian hari semakin mengecil. Padahal keberadaan mata air tersebut sangat dibutuhkan oleh warga untuk mencukupi keperluan sehari-hari.

Prihatin atas kondisi penebangan hutan lindung di seputaran desa mereka, akhirnya warga Desa Lingga muda sepakat melaporkan aksi pembalakan liar ke Polres Tanah Karo.

Menurut warga Desa Lingga Muda Natanael Sukatendel, mereka bersama masyarakat Desa Lingga Muda telah membuat laporan pengaduan sejak Juni 2018. Namun hingga kini kasus tersebut pun tidak pernah direspons secara serius oleh Polres Karo.

Berbagai upaya pun telah dilakukan oleh masyarakat agar kasus pembalakan liar tersebut dapat diperoses oleh pihak berwajib. Namun, upaya yang dilakukan belum juga membuahkan hasil.

Hingga akhirnya pada Senin (10/9/2018), warga Desa Lingga Muda pun sepakat mengundang tokoh Sumatera Utara Arya Sinulingga ke desa mereka. Arya pun menyanggupi untuk datang meninjau langsung keberadaan pembalakan hutan lindung di desa tersebut.

Dalam kunjungannya, Arya Sinulingga juga sempat melakukan dialog bersama masyarakat Desa Lingga Muda dan sepakat bahwa kasus tersebut harus segera dituntaskan pihak terkait.

“Mari sama-sama kita berjuang karena pembalakan liar di Lingga Muda telah membuat air tidak lagi mengalir. Sementara air merupakan sumber kehidupan. Kami meminta Polres Karo untuk cepat merespons atas kasus ini,” ujarnya.