Berkunjung ke Asahan, Arya Sinulingga: Pemerintah Perlu Perhatikan Fasilitas Pendidikan

Berkunjung ke Asahan, Arya Sinulingga: Pemerintah Perlu Perhatikan Fasilitas Pendidikan

Sipayo.com – Masyarakat Huta Padang, Kecamatan Bandar Pasir Mandoge, Kabupaten Asahan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) sangat merindukan pembangunan dan fasilitas pendidikan bagi anak-anak mereka.

Diketahui, anak-anak setingkat SMP di daerah tersebut harus sekolah ke luar kecamatan karena belum dibangun gedung sekolah di wilayah tersebut.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Desa Huta Padang, Sahala Sitorus saat desa mereka dikunjungi Tokoh Masyarakat Sumatera Utara, Arya Sinulingga, Kamis (27/9/2018) kemarin.

Menurut Sahala, pembangunan sekolah tersebut sudah diajukan sejak 10 tahun lalu kepada pemerintah, namun hingga kini belum ada respon positif dari pemerintah setempat.

“Karena disini belum dibangun sekolah untuk tingkat SMP, sehingga anak-anak kami harus menempuh pendidikan ke luar kecamatan. Padahal sejak 10 tahun lalu kami sudah mengajukan kepada pemerintah agar gedung sekolah dibangun,” ujarnya.

Bukan hanya sekolah setingkat SMP saja yang belum mendapatkan perhatian di Huta Padang, bahkan gedung SD Negeri No 017722 di desa tersebut juga terlihat kurang fasilitas bahkan tidak mendapatkan perawatan yang layak.

SD tersebut terlihat dipenuhi lumpur dan bila hujan akan dilanda banjir, hal ini membuat aktivitas belajar bagi siswa menjadi terganggu.

Menurut pengakuan guru yang mengajar di SD tersebut bernama Evranta Br Tarigan, bila banjir anak-anak harus keliling sekolah dulu agar bisa masuk ke kelas, bahkan setiap hari Senin tidak bisa menjalankan upacara karena lapangan banjir.

“Bila musim hujan lapangan sekolah langsung dipenuhi genangan air dan lumpur. Hal ini membuat siswa di sekolah ini tidak bisa mengikuti upacara bendera. Ini sudah tiga bulan tidak pernah dilakukan upacara bendera lantaran halaman sekolah selalu digenangi air,” ujarnya.

Menanggapi keluhan masyarakat setempat, Arya Sinulingga berharap agar pemerintah dapat segera membenahi fasilitas pendidikan di wilayah tersebut. Apalagi kata pria yang juga merupakan Juru Bicara Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf Amin tersebut, bahwa pendidikan sangat penting dalam mewujudkan bangsa yang besar dan maju.

“Mewujudkan bangsa yang besar dan maju harus dibarengi dengan kualitas manusianya, yakni dengan mendidik generasi muda dengan pendidikan yang berkualitas. Untuk membangun pendidikan yang baik dan berkualitas tentu harus memperhatikan beberapa aspek, salah satunya adalah fasilitas pendidikan itu sendiri,” ujar Arya.

Keterangan foto: Tokoh Masyarakat Sumatera Utara, Arya Sinulingga saat berkunjung ke SD Negeri No 017733 di Huta Padang, Kecamatan Bandar Pasir Mandoge, Kabupaten Asahan, Kamis (27/9/2018).