Inilah 7 Hal yang Harus Diwaspadai Jika Sering Makan Gorengan

Inilah 7 Hal yang Harus Diwaspadai Jika Sering Makan Gorengan

Sipayo.com – Makanan yang digoreng, seperti bakwan, tahu, pisang atau yang dikenal dengan gorengan sangat mudah ditemukan di pinggir jalan.

Bukan hanya itu, makanan yang digoreng pun hampir selalu ada dalam hidangan sehari-hari.

Padahal, dalam kamus hidup sehat, makanan yang digoreng seharusnya dihindari.

Berikut inilah 7 hal yang Diwaspadai bila makanan gorengan :

1. Berisiko tinggi mengalami obesitas

Gorengan mengandung kalori yang cukup tinggi, sehingga banyak mengonsumsinya membuat Anda berisiko mengalami obesitas atau kelebihan berat badan. Padahal kita tahu sendiri jika obesitas merupakan salah satu faktor risiko beberapa penyakit berbahaya, bukan?

2. Meningkatkan risiko serangan jantung

Kebiasaan makan gorengan dapat meningkatkan trigliserida atau lemak darah yang jika dibiarkan terus menerus dapat menjadi plak yang berpotensi menyumbat pembuluh darah ke jantung sehingga meningkatkan risiko terkena serangan jantung.

3. Mengganggu sistem pencernaan

Kebiasaan makan gorengan bisa memicu iritasi pada tenggorokan. Dampaknya akan semakin parah pada sistem pencernaan jika gorengannya dicampur dengan bahan-bahan kimia yang berbahaya, seperti : plastik/lilin dan lainnya. Selain itu, makan gorengan dapat memperlambat metabolism tubuh sehingga tak heran jika banyak makan gorengan sebabkan mual, kembung dan ingin muntah.

4. Sebabkan stroke

Gorengan mengandung lemak jahat, seperti kolesterol dan trigleserida yang jika menumpuk akan menjadi plak yang menyumbat di pembuluh darah arteri. Plak akan mengeras dan menghambat peredaran darah ke bagian tubuh yang penting, seperti otak. Akibatnya seseorang akan berisiko tinggi terkena penyakit stroke.

5. Gorengan dapat membunuh bakteri baik di usus

Konsumsi gorengan terlalu sering dapat mengganggu dan melenyapkan bakteri baik dalam usus. Ketika tidak ada bakteri baik dalam usus, maka sari makanan buruk akan mudah masuk ke tubuh, membuat lemak tertimbun dan system imun jadi terganggu sehingga tubuh lebih gampang sakit.

6. Berisiko tinggi terkena diabetes

Selain stroke dan jantung, kebanyakan makan gorengan juga dapat meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes. Hal ini karena kandungan kalori tinggi yang ada dalam gorengan dapat memicu meningkatnya kadar gula darah.

7.    Membuat kulit berjerawat

Makanan berminyak dan berkolesterol tinggi tidak hanya berefek pada tubuh, tapi juga pada kecantikan kulitmu. Efek kebanyakan makan gorengan yang akan menimpa Anda lainnya adalah munculnya banyak jerawat dan kulit jadi lebih kusam.
Setelah memahami banyaknya dampak buruk yang terjadi akibat kebiasaan makan gorengan diatas, pastinya Anda akan lebih waspada lagi dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi.