Inilah Tips Belanja Online Aman dari Kemenkominfo

Inilah Tips Belanja Online Aman dari Kemenkominfo
Foto : Ilustrasi
Sipayo.com – Di era serba digital ini, banyak hal yang dilakukan dengan cara online. Dengan begitu banyak pihak yang merasa dimudahkan adanya kemajuan teknologi semacam ini.
Salah satunya adalah transaksi jual beli online yang hanya menggunakan aplikasi dan cara bayar transfer.
Akan tetapi hal itu tak serta merta menjamin keamanan dari kedua belah pihak, aksi tipu menupu menjadi ancaman.
Terkait hal itu, Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, Septriana Tangkary, meminta masyarakat untuk berhati-hati.

Dia meminta masyarakat untuk teliti sebelum membeli produk yang dijual di medsos. Beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan antara lain, mengecek keaslian produk dan penjual yang menawarkan produk.

“Belanja online kan lewat IG (Instagram), Lewat FB (Facebook) itu kita harus hati-hati. Apa memang penjual ini benar,” kata dia saat ditemui, di acara ‘UMKM go online’, di JCC, Jakarta, Jumat (28/9/2018).

Dia malah mendorong masyarakat agar berbelanja di platform market place yang sudah ada. Sebab, keamanan transaksi dan kepastian produk sudah terjamin. “Tapi kalau sudah masuk ke market place ini kan sudah ada sistem. Mulai dari sistem untuk pembayaran, sistem untuk membeli, itu sudah tertata semuanya,” jelas dia.

Pemerintah, melalui Kementerian Kominfo, bahkan telah menyediakan portal khusus bagi masyarakat untuk mengecek apakah rekening yang disampaikan oleh penjual online benar-benar asli.

Dia menjelaskan, melalui portal bernama Cekrekening.id, ini melakukan pengecekan keaslian produk dapat dilakukan dengan mudah. Portal ini juga dapat dilakukan untuk melaporkan rekening palsu. “Cek rekening dulu. Benar tidak saya harus kirim ke rekening itu,” tandasnya.