Kunjungi Asahan, Warga Huta Bagasan Curhat ke Arya Sinulingga Soal Surat Tanah

Kunjungi Asahan, Warga Huta Bagasan Curhat ke Arya Sinulingga Soal Surat Tanah

Sipayo.com – Tokoh Masyarakat Sumatera, Arya Sinulingga berkunjung ke sejumlah desa yang terdapat di Kecamatan Bandar Pasir Mandoge, Kabupaten Asahan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Salah satu desa yang dikunjungi Arya adalah Desa Huta Bagasan.

Saat mengunjungi desa tersebut, bayak keluhan yang disampaikan masyarakat kepada Arya, salah satunya adalah mengenai sulitnya mengurus surat tanah.

“Keberadaan desa ini sudah ada sejak puluhan tahun lalu, tapi pemerintah selalu mengatakan desa kami masuk kawasan hutan lindung. Dampaknya masyarakat sulit mengurus surat tanah,” ujar salah seorang warga, Hendri Budi Manurung, Kamis (27/9/2018).

Tak hanya mengenai soal mengurus surat tanah, Hendri juga mengeluhkan tentang keberadaan akses jalan ke desa mereka, ditambah lagi prasarana pendidikan yang hingga kini belum memadai.

“Selain kesulitan mengurus surat tanah, kendala lain yang kami hadapi adalah akses jalan yang rusak, serta tidak ada prasarana pendidikan berupa gedung sekolah, sehingga anak-anak harus keluar desa bila hendak menimba ilmu,” ujarnya.

Menanggapi keluhan warga, Arya Sinulingga mengatakan bahwa memang ada program dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk reforma agraria dan hal tersebut akan diperjuangkan agar desa tersebut yang telah berdiri sejak puluhan tahun lalu, dapat terlepas statusnya sebagai hutan lindung.

“Memang ada program pemerintah Pak Jokowi, khususnya untuk reforma agraria. Ini akan kita perjuangkan, mengingat desa ini sudah lama ada bahkan sebelum adanya penetapan hutan lindung, maka akan kita perjuangkan statusnya terlepas dari hutan lindung ini” kata Arya.

Menyinggung soal keberadaan infrastruktur akses jalan yang juga rusak di Desa Huta Bagasan, Arya menyebutkan bahwa di daerah tersebut terdapat dua perusahaan besar yang telah lama menikmati hasil perkebunan kelapa sawit, yakni PTPN IV dan PT SPR.

“Bertahun-tahun mereka telah menikmati yang namanya perkebunan kelapa sawit. Hasilnya sangat baik juga produktivitas yang sangat baik disini. Dan mereka menggunakan juga infrastruktur yang ada disini. Ini bukan soal CSR, tapi bagaimana mereka membangun infrastruktur di dalam perkebunan mereka sendiri, apalagi hasil mereka selama ini kan sangat baik,” ujar Arya.

Keterangan foto: Tokoh masyarakat Sumatera Utara, Arya Sinulingga berbincang-bincang dengan masyarakat di Kecamatan Bandar Pasir Mandoge, Kabupaten Asahan, Kamis (27/9/2018).