TNI AL Berhasil Amankan Speedboat Selundupkan 150 Kg Sabu di Medan

TNI AL Berhasil Amankan Speedboat Selundupkan 150 Kg Sabu di Medan

Foto: Ilustrasi 

Sipayo.com – Personel Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) I Belawan, Sumatera Utara (Sumut), berhasil amankan satu unit speedboat yang membawa diperkirakan sabu-sabu seberat 150 kg dari Penang, Malaysia bertujuan ke Suruwei, Aceh, Indonesia. Sementara dua awak kapal tersebut sempat melarikan diri.

Speedboat tersebut diamankan pada Kamis, 13 September 2018 sekitar pukul 06.45 WIB di alur Kuala Peunaga Lama. Sebelumnya, TNI AL Lantamal I Belawan telah mendapat informasi dari Intelijen pada Selasa, 11 September 2018, bahwa sebuah speedboat akan masuk dari Penang, Malaysia ke daerah Seruwei, Aceh. 

Kapal itu diduga membawa narkoba jenis sabu-sabu. Berdasarkan informasi tersebut, Kamis, 13 September 2018 sekitar pukul 06.15 WIB, dua orang personel Posal Seruwei melakukan pengintaian dengan menggunakan perahu.

“Pukul  06.45, tim Patroli Posal Seruwei menemukan speedboat yang dicurigai di daerah alur Kuala Peunaga lama, pada koordinat 04 43 99 U – 098 24 83 T. Selanjutnya, tim menghentikan kapal tersebut untuk melakukan pemeriksaan dan penangkapan,” papar Pjs Kadispen Lantamal 1 Belawan Lettu Laut (P) Mochamad Sidik dalam keterangan tertulis, Jumat (14/7/2018).

Saat petugas meminta kapal berhenti, speedboat tersebut berusaha melarikan diri. Tim Patroli terpaksa memberikan tembakan peringatan ke udara sebanyak tiga kali. Speedboat selanjutnya berhenti di tepi alur. Sementara dua awak kapal terlihat melompat ke darat dan melarikan diri ke hutan. 

Tim selanjutnya menarik dan mengamankan speedboat serta barang bukti berupa dua tas koper besar di dalam speedboat. Tim juga mengamankan tiga tas punggung dan satu tas pinggang. Dari dalam tas ditemukan barang bukti yang didiga narkoba jenis sabu dengan berat lebih kurang 150 kg.

 “Tim mengamankannya ke Posal Seruwai untuk proses lebih lanjut,” ujarnya. 

Hingga saat ini, tim masih mengejar dua pelaku yang melarikan diri dari kapal speedboat. Sementara barang bukti itu telah diserahkan pada pukul 19.00 WIB kemarin kepada Tim Pomal Lantamal I Belawan. Selanjutnya barang bukti dibawa menuju Lantamal I Belawan dikawal oleh Tim Intel Lantamal I beserta 1 regu personel Yonmarhanlan I Belawan.