Akses Roda 4 ke Cerumbu, Listrik akan Masuk dalam Waktu Dekat

Akses Roda 4 ke Cerumbu, Listrik akan Masuk dalam Waktu Dekat

Sipayo.com – Harapan masyarakat Dusun Cerumbu, Desa Kutapengkih, Kecamatan Mardinding, Kabupaten Karo untuk segera mendapatkan aliran arus listrik dari PLN tampak mulai memberikan harapan. Pasalnya, Perusahaan Listrik Negara (PLN) mengatakan bahwa pihaknya akan segera membuat jaringan arus listrik ke Dusun Cerumbu dalam waktu dekat.

Namun demikian, PLN berharap dukungan dari pemerintah Kabupaten setempat dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Karo teurkait tentang keberdaan jalan yang sulit diakses oleh kendaraan roda 4. “Penyambungan arus listrik ini sebenarnya ke Cerumbu tetap akan kita usulkan. Kalau kondisi jalan sudah bisa layak dilalui kendaraan roda 4 pasti akan kita langsung kita bangun,” ujar Dicky manajer PLN Area Binjai kepada iNews.id saat dihubungi via telpon selular, Jumat (5/10/2018).

Kepada iNews, Dicky mengungkapkan bahwa PLN area Binjai sebelumnya sudah menrencanakan penyambungan arus listrik ke dusun Cerumbu pada 2016 silam. Namun kondisi jalan pada saat itu membuat penyambungan tersebut batal dilakukan oleh PLN area Binjai. “Oleh karena itu, kami berharap dukungan Pemda Kabupaten Karo khususnya terkait akses jalan roda 4 agar tiang-tiang listrik dapat kita bawa ke desa Cerumbu,” ujar Dicky.

Saat ditanya kapan penyambungan arus listrik akan direalisasikan oleh PLN, Dicky mengungkapkan keberadaan akses jalan harus menjadi perhatian agar program penyambungan arus listrik ini dapat segera direalisasikan. “Kalau jalan menuju cerumbu berdasarkan hasil survei kita kelapangan sudah bisa dilalui kendaraan roda 4, akhir tahun ini akan segera kita sambungkan,” tegas Dicky.

Dalam survei yang akan dilakukan oleh PLN, Dicky juga mengatakan bahwa pihaknya akan menentukan lokasi-lokasi penempatan tiang-tiang listik menuju desa cerumbu nantinya. “Disini juga kita betul-betul berharap peran pemerintah daerah agar keberadaan tiang listik kita nantinya tidak mengganggu keberadaan jalan,” tutupnya.

Seperti yang diketahui, dalam kunjungan Juru Bicara Jokowi-KH Ma’aruf Amin ke desa Cerumbu beberapa waktu lalu masyarakat berharap akan adanya penyambungan arus listrik kedesa mereka.

Salah seorang warga Dusun Cerumbu Serasikita menuturkan, semenjak Indonesia merdeka sampai dengan hari ini kampungnya belum mendapatkan aliran arus listrik. Kondisi itu menyebabkan warga hidup dalam keterbatasan terutama di malam hari karena hanya bergantung pada lampu teplok sebagai penerangan.

“Saya kasihan melihat anak-anak kami yang harus belajar di kondisi gelap gulita di malam hari. Tolonglah pak, sampaikan hal ini kepada Pak Jokowi agar desa kami segera dialiri arus listrik,” ujar Seraskita kepada Arya Sinulingga, Minggu (16/9/2018) lalu.

Menanggapi aspirasi warga, Arya Sinulingga berjanji untuk menyampaikan hal ini kepada instansi terkait, khususnya PLN. Infrastruktur listrik merupakan salah satu kebutuhan penting bagi masyarakat pada saat ini. “Ini sebabnya kenapa saya katakan bahwa pembangunan infrastruktur harus tetap dijalankan,” kata Arya.

Keterangan foto: Tokoh masyarakat Sumatera Utara saat mengunjung Dusun Cerumbu, Kecamatan Mardingding, Kabupaten Karo, Minggu (16/9/2018) lalu.