Jalan ke Objek Wisata Air Panas di Desa Doulu Digenangi Banjir Setinggi 0,5 Meter

Jalan ke Objek Wisata Air Panas di Desa Doulu Digenangi Banjir Setinggi 0,5 Meter

Sipayo.com – Akses jalan menuju objek wisata Sidebuk-debuk, yang berada di Desa Doulu, Kecamatan Berastagi, terendam banjir, Minggu (30/9/2018). Akibatnya, puluhan pengunjung yang nekat menerjang genangan air setinggi 30 sampai 50 cm tersebut, terpaksa mendorong sepeda motornya karena mogok.

Hujan deras mulai pukul 14.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB membuat ge­nangan air menutupi badan jalan. Kendaraan yang hendak keluar-masuk ke objek wisata favorit ini sesaat lumpuh. Bahkan sampai malam pukul 20.00 WIB kendaraan enggan melintas, kecuali truk.

Seorang warga sekitar Pramudianta Bangun, menyebutkan kondisi tersebut sudah berlangsung selama lima tahun terakhir. Ia juga mengungkapkan warga harus berhadapan dengan banjir setiap kali hujan mendera kawasan pariwisata itu.

“Wah ini setiap hujan minimal satu jam, langsung banjir di sini. Mulai dari jam dua tadi lah banjirnya ini,” katanya.

Dirinya juga mengatakan, banjir ini diakibatkan saluran drainase yang kurang bagus. “Saluran air di sini pun sudah tidak bagus, seperti ada patahan gitu pipanya, dan sudah tertutup batu sama sampah,” ucapnya.

Ditambahkannya, keadaan tersebut diperparah dengan kurangnya perhatian dari pemerintah daerah terhadap kondisi jalan. Ia mengungkapkan, semenjak pos retribusi masuk ke pemandian Sidebuk-Debuk berpindah sedikit ke dalam, jalan tersebut semakin tidak mendapat perhatian.

“Semenjak pos retribusi pindah ke dalam, Jalan ini sudah kurang diperhatikan lagi. Padahal ini kan akses ke tempat wisata, masa seperi ini. Tapi yang lebih parah kami lah warga yang setiap hari lewat jalan sini,” ungkapnya.

Dirinya berharap, ke depan pemerintah dapat segera mengatasi masalah yang datang setiap hujan deras tersebut. Terlebih tempat wisata itu, dekat dengan perbatasan antara Kabupaten Karo dan Kabupaten Deliserdang. Yang nantinya dapat memberikan kesan dan pandangan kurang baik terhadap Karo sendiri.