Jangan Sepele! Sering Pakai Sepatu Hak Tinggi Bica Memicu Varises

Jangan Sepele! Sering Pakai Sepatu Hak Tinggi Bica Memicu Varises

Foto: Ilustrasi Sepatu Hak Tinggi

Sipayo.com – Varises merupakan sebuah gangguan pembuluh darah yang disebabkan karena adanya pembengkakkan dan pelebaran pembuluh darah vena. Biasanya, orang yang menderita penyakit ini, pembuluh venanya akan terlihat menonjol keluar dan berwarna biru atau ungu tua.

Tidak hanya pada ibu hamil, varises juga bisa terjadi pada wanita yang sering menggunakan sepatu hak tinggi. Untuk ibu hamil, varises terjadi karena adanya peningkatan volume darah dan tekanan pada pembuluh darah ketika hamil, terutama pada pembuluh balik di kaki yang bekerja melawan gravitasi untuk mendorong semua kelebihan darah kembali naik ke jantung.

Untuk wanita yang sering menggunakan sepatu dengan hak tinggi, tumpuan kaki belakang lah yang bisa menyebabkan varises muncul. Ketika Anda berjalan menggunakan sepatu hak tinggi, maka gerakan otot tumit akan menjadi pasif, sehingga kerja pembuluh darah vena akan tergangggu.

Darah akan bertumpu di bagian bawah dan cenderung susah untuk naik ke jantung. Kondisi seperti inilah yang membuat pembuluh vena jadi menonjol.

Nah, untuk mencegah terjadinya varises, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, Moms.
Pertama, menjaga aliran darah tetap lancar. Hindari terlalu banyak duduk atau berdiri, Moms. Sebab terlalu banyak berdiri atau duduk dapat menghambat aliran darah. Bila itu tidak memungkinkan, karena tuntutan pekerjaan misalnya, maka lenturkanlah pergelangan kaki Anda setiap beberapa waktu.

Kedua, kontrol berat badan Anda. Jaga berat badan tetap seimbang merupakan cara paling alami untuk mencegah varises muncul, Moms. Anda bisa melakukan olahraga ringan selama 30 sampai 60 menit setiap harinya. Selain itu, menerapkan pola makan sehat juga bisa mengontrol berat badan Anda.

Ketiga, mengejanlah dengan benar. Mengejanlah dengan perlahan selama buang air besar. Mengejan secara kuat akan membuat pembuluh balik kaki Anda ikut mengejan. Oleh sebab itu, rutinlah konsumsi serat agar Anda bisa buang air besar secara teratur. Pastikan Anda terhindar dari sembelit, agar Anda tidak perlu mengejan kuat-kuat ketika buang air besar.