Ketahuilah! Ini Ciri-ciri Kulit Sehat, Kulit Putih Tidak Termasuk

Ketahuilah! Ini Ciri-ciri Kulit Sehat, Kulit Putih Tidak Termasuk

Foto: Ilustrasi Kulit Putih

Sipayo.com – Wanita berkulit putih jadi gambaran standar cantik bagi kebanyakan wanita Indonesia. Hal ini terlihat dari riset yang dilakukan ZAP Clinic dan Mark Plus. Salah satu hasilnya risetnya menunjukkan 59,6% wanita Indonesia menginginkan kulit cerah.

Riset ZAP Beauty Index yang dilakukan kepada lebih dari 17 ribu wanita itu menyimpulkan produk kecantikan yang memutihkan kulit jadi produk teratas yang paling dicari wanita Indonesia. Padahal kulit putih belum tentu sehat.

Hal ini pun terasa ironis melihat permasalahan kulit yang paling banyak dimiliki wanita Indonesia. Pada hasil riset ZAP Beauty Index, permasalahan jerawat dan komedo berada di daftar teratas permasalahan kulit wanita Indonesia.

Menurut dr. Adinda Fitri Ningtyas selaku Medical and training manager ZAP Clinic, kulit berwarna putih tidak ada dalam kriteria kulit sehat. Kulit wajah dikatakan sehat jika mewakili kriteria berikut ini.

1. Kulit bersih. Ciri-cirinya adalah jika dilihat kasat mata tidak terlihat adanya jerawat dan komedo pada wajah.
2. Warna kulit merata. Kulit tidak belang.
3. Elastisitas baik. Kulit bisa meregang dan kemudian kembali ke keadaan normal. Kulit yang elastisitasnya baik menandakan bahwa kulit memiliki kadar air yang cukup dan juga lembab. Itu sebabnya diwajibkan meminum air delapan gelas sehari.
4. Tekstur halus dan lembut. Permukaan kulit yang rata terutama halus dan lembut menandakan tidak adanya sel kulit mati dan memiliki kadar kelembapan yang cukup.

“Para wanita harus sadar supaya jangan sekedar putih. Karena produk-produk yang bisa memutihkan kulit dalam waktu cepat, malah bisa berbahaya”, ujar dr. Adinda Fitri Ningtyas.

Dibandingkan kulit putih, kulit cerah lebih disarankan oleh dokter. Kulit yang terlihat bersih, cerah, bisa didapatkan dari beragam perawatan wajah di klinik hingga pola makan yang sehat