Berkunjung ke Pasar, Joko Widodo Sebut Harga di Tangerang, Bogor, Bandung Sama

Berkunjung ke Pasar, Joko Widodo Sebut Harga di Tangerang, Bogor, Bandung Sama

Foto: Joko Widodo

Sipayo.com – Presiden Joko Widodo kembali melakukan blusukan ke pasar tradisional. Kali ini dia menyatroni Pasar Cihaurgeulis, Bandung.

Jokowi blusukan ke pasar ini demi mengecek langsung kondisi harga bahan dasar makanan. Mulai dari beras, daging, telur hingga kangkung dan daun singkong.

“Ya saya membandingkan pasar di Tangerang, Bogor, Bandung, harga-harga semua sama. Misalnya 1 iket kangkung Rp 2.000, di Bogor juga Rp 2.000, di Bandung juga RP 2.000. 1 iket daun singkong untuk sayur di sini harga Rp 2.000, Bogor Rp 2.000, Tangerang Ro 2.000. Kemudian telur juga sama harganya yang dulu Rp 28 ribu, sekarang Rp 20 ribu sampai Rp 22 ribu. Daging ini naik dikit dari Rp 28-30 ribu naik di angka Rp 33-35 ribu, beras jg stabil,” tuturnya di Jalan Ir H Juanda, Dago, Bandung, Jawa Barat, Minggu (11/11/2018).

Jokowi juga melaporkan, untuk harga cabai sekarang sudah stabil di harga Rp 40 ribu. Menurutnya itu harga cukup ideal baik untuk produsen maupun konsumen.

“Memang tidak bisa kita menghendaki harga cabai sampai Rp 10 ribu. Bawang kadang sampai Rp 5 ribu, petaninya yang kasihan. Artinya pemerintah menjaga keseimbangan, agar harga-harga di posisi normal, wajar, supaya petani senang sebagai produsen, konsumen masyarakat seneng karena harga tidak fluktuatif,” tambahnya.

Jokowi blusukan ke pasar yang ada di jalan Surapati itu ketika kondisinya sedang direnovasi. Jokowi tak segan bahkan dia mengapresiasi pemerintah kota Bandung yang mau membenahi pasar tradisional yang dulunya terkesan dengan becek dan bau tak sedap.