Ini 5 Manfaat Cuka Apel Selain untuk Kesehatan

Ini 5 Manfaat Cuka Apel Selain untuk Kesehatan

 

Sipayo.com – Cuka apel adalah sebuah jenis minuman yang didapat dari proses fermentasi jus apel. Dalam proses fermentasi inilah, kandungan gula pada apel diubah menjadi asam asetat yang merupakan bahan aktif dalam cuka yang membuat cuka apel kaya manfaat.
Selain asam asetat, cuka ini juga mengandung vitamin (A, B1, B2, B6, C, dan E), potasium, kalsium, dan magnesium.

Cuka apel sangat banyak manfaat lainnya di bidang kesehatan. Seperti mengontrol diabetes tipe 2, mengatasi eksema, mengatasi masalah pencernaan dan manfaat lainnya. Selain untuk kesehatan, cuka apel juga memiliki manfaat lainnya.

Berikut inilah 5 manfaat cuka apel selain untuk kesehatan :

1. Menjaga pakaian agar tetap halus

Anda tidak akan menyangka bahwa cuka apel juga berguna untuk pakaian. Agar pakaian Anda tetap halus, cukup campurkan satu cup cuka apel kedalam mesin cuci.

Setelah kering, Anda akan merasakan pakaian lebih lembut. Cuka apel bisa menjadi pilihan alternatif untuk melembutkan pakaian dengan harga yang lebih murah.

Selain itu cuka apel juga bisa dioleskan langsung ke baju yang terkena tumpahan noda atau minyak untuk mempermudah membersihkannya.

2. Membersihkan noda di karpet

Karpet yang terkena noda minuman, makanan ataupun hewan peliharan merupakan hal yang mengganggu dikarenakan susah dalam menghilangkannya.

Anda dapat lebih mudah dalam membersihkan noda pada karpet dengan cuka apel. Pertama, bersihkan noda dengan kain kemudian tuangkan cuka apel secukupnya. Kemudian biarkan meresap beberapa menit setelah itu gosokan dengan kain sampai noda hilang.

Cara lainnya adalah Anda dapat menyapu karpet dengan sapu yang sudah dicelupkan dengan campuran 3,7 liter air dengan 1 cangkir cuka apel. Cara ini dapat membantu Anda dalam mengembalikan suasana bersih karpet di rumah.

3. Menghilangkan noda minyak

Noda minyak yang berlemak sering Anda temui di meja dapur, kompor atau peralatan masak lainnya selesai memasak. Salah satu khasiat cuka apel lainnya ialah dapat menghilangkan noda minyak tersebut.

Campurkan air dengan cuka apel, lalu rendamkan spon cuci piring. Setelah itu bilas peralatan dapur dengan spon tersebut.

Tidak hanya itu, gunakan juga cuka apel pada deterjen pencuci piring cair untuk membuat piring Anda lebih bersih. Merebus 2 cangkir cuka apel dalam wajan berminyak sekitar 10 menit akan memberikan kualitas yang bersih dan tahan untuk beberapa bulan ke depan.

4. Menyegarkan dan menghilangkan noda pada kulkas

Selain baking soda, cuka apel juga bisa menjadi pembersih yang aman dan efektif. Satu sendok cuka apel dicampur dengan air panas, kemudian gunakan campuran tersebut untuk mengelap bagian dalam dan luar dinding kulkas menggunakan lap bersih.

Cara lain yang dapat Anda gunakan ialah teteskan cuka pada kain, lalu gosokkan pada permukaan dinding dalam dan luar kulkas. Setelah itu lap lagi permukaannya dengan kain lap yang dicelupkan ke air bersih. Baru keringkan hingga bersih.

Jadi, jika ingin mengusir bau tidak sedap dan juga menghilangkan noda bekas makanan, Anda bisa membersihkannya dengan cuka apel. Cuka dapat mencegah pertumbuhan jamur pada kulkas Anda.

5. Membuat sofa dan furnitur lebih mengkilap

Campuran sari cuka apel dengan air dapat juga digunakan sebagai cara membersihkan sofa bahan oscar. Perbandingan campuran yang Anda gunakan adalah sebanyak 5 berbanding 1 untuk cuka dengan air.

Setelah campuran siap, Anda dapat menggunakan lap kering untuk menggosokan campuran tersebut pada sofa di area yang terkena noda membandel. Gosok hingga noda terkelupas dan bersih.

Selain itu, cuka apel juga dapat membuat panel kayu mengkilap. Campurkan beberapa sendok cuka apel, minyak zaitun dan satu sendok teh perasan jeruk lemon. Setelah itu gosokan campuran tersebut pada furnitur yang ingin Anda buat mengkilap dan lap dengan kain kering.