Inilah 5 Tips Mempercepat Pingisian Daya Baterai Smartphone

Inilah 5 Tips Mempercepat Pingisian Daya Baterai Smartphone

 

Sipayo.com – Saat ini ponsel sudah jadi pusat banyak kegiatan, mulai dari memotret, menonton film, hingga mengetik berbagai tugas. Namun, dengan kehadiran fungsi-fungsi tersebut masih sering terkendala oleh baterai yang lekas habis.

Ponsel pun seringkali harus kembali dicolokkan ke perangkat charger. Proses “nge-charge” ini tidak selalu bisa dilakukan sepanjang malam selagi tidur menunggu pagi. Kalau waktunya tidak tepat, proses charging bisa mengganggu kegiatan.

Katakanlah Anda sedang terburu-buru karena 30 menit lagi harus bertemu dengan klien, tapi baterai ponsel tinggal 10 persen. Tentu Anda ingin mengisinya dengan cepat, agar saat sampai di tempat yang dijanjikan masih bisa menghubungi klien Anda.

Keinginan itu tak mustahil diwujudkan, asalkan Anda memilih metode pengisian daya yang tepat.

Berikut inilah 5 tips mempercepat charging baterai ponsel :

1. Matikan smartphone atau aktifkan Mode Pesawat

Mematikan smartphone bisa membuat daya baterai akan terisi jauh lebih cepat karena hanya berfokus pada pengisian baterai.

Namun, pengguna smartphone juga bisa mengaktifkan Mode Pesawat. Dengan mengaktifkan mode tersebut, perangkat tidak akan menarik sinyal yang dapat menguras baterai sehingga smartphone dapat terisi lebih cepat.

Sebuah pengujian menunjukkan bahwa itu dapat mengurangi jumlah waktu yang diperlukan untuk pengisian daya sebanyak 25 persen.

2. Gunakan kabel original

Meskipun pengisi daya Android atau iOS kadang memiliki kecocokan universal, tidak berarti semua perangkat memiliki kabel yang sama. Di mana port USB 2.0 menghantarkan daya hanya 2,5 watt, sementara USB 3 menghantarkan daya 4,5 watt.

Oleh karena itu, pemakaian kabel original dari perangkat tersebut sangat penting, jika memakai kabel yang tidak sesuai daya akan merusak smartphone.

3. Gunakan Mode Hemat Baterai

Sejak pembaruan operasi sistem, sebagian besar smartphone kini telah ditanami dengan Mode Hemat Baterai atau daya. Biasanya dapat diakses melalui Pengaturan > Baterai > Penghemat Baterai.
Namun, beberapa perangkat juga sudah menambahkan mode tersebut dalam kolom shortcut. Pengguna dapat mengaktifkan mode ini untuk mempercepat pengisian daya.

4. Hindari tempat yang panas

Temperatur berperan penting dalam pengisian daya baterai. Oleh karena itu, dilarang mengisi daya di bawah sinar matahari langsung atau di dalam mobil yang panas.

Jika pengguna menggunakan pengisi daya baterai portabel, jangan mengisi daya baterai saat perangkat berada di dalam saku.

5. Jangan mengecek performa baterai terlalu sering

Salah satu yang bisa menguras baterai saat melakukan pengisian adalah terlalu sering menghidupkan layar untuk melihat persentasi atau performa baterai. Direkomendasikan untuk mengubah tingkat kecerahan layar ke level yang paling rendah, sehingga itu dapat membantu pengisian daya baterai menjadi lebih cepat.