Ini Alasan Mengapa Wanita Harus Pakai Pelembab Kulit

Ini Alasan Mengapa Wanita Harus Pakai Pelembab Kulit

 

Sipayo.com – Pelembab adalah hal penting dan merupakan makeup yang pasti digunakan oleh semua perempuan. Selain memiliki fungsi untuk melindungi kelembaban kulit, pelembab juga dapat mencegah kulit dari dehidrasi dan terlihat kusam.
Para ahli kulit di seluruh dunia mendesak para cewek untuk memastikan kulit mereka tetap lembab sepanjang waktu.
Selain menjaga agar kulit tidak mengelupas, pelembab juga membantu agar kulit tetap sehat dan awet muda. Namun jika kamu tidak melembabkan kulit setiap hari atau tidak melakukannya dengan benar hal ini dapat membuat kulitmu menua lebih cepat.
Menurut salah satu ahli kulit Dr. Srie Prihianti, Sp.KK, PhD, FINSDV, FAADV, pelembap memiliki tiga tugas utama yaitu oklusif, humektan dan emolien.

“Tiga tugas tersebut memperbaiki tekstrur kulit dan menjaga kulit tetap terhidrasi,” kata Srie beberapa waktu lalu.

Oklusif atau occlusive adalah cara pelembab mengurangi ‘ancaman’ kulit kekurangan air dengan menciptakan penghalang hidrofobik saat diterapkan pada kulit.

Semakin lengket sebuah pelembap, maka akan semakin baik tugas oklusif pada pelembap tersebut. Pelembap yang memiliki kerja oklusif biasanya memiliki kandungan seperti minerals oils, petrolatum, dan dimetivone.

Tugas selanjutnya adalah humektan. Humektan adalah kemampuan pelembap dalam menarik air dari dalam maupun luar kulit agar kulit tetap terhidrasi. Beberapa jenis humektan adalah octyl stearate dan isopropyl mysristate.

Lalu ada juga tugas emolien yang bertugas mengisi celah-celah yang meningkatkan hidrasi pada kulit.

“Pelembap ideal adalah yang memiliki tiga hal ini. Ada juga ceramide yang dapat memperbaiki fungsi barier pada kulit,” tambah Srie.

Untuk urusan jenis pelembap apa yang lebih baik antara krim atau lotion, Srie punya jawabannya. “Krim atau losion tergantung masalah klinis. Kalau kulit tidak terlalu kering, lotion akan lebih sesuai,” tutupnya.