Isu Penculikan Anak Marak, Begini Tanggapan Polda Sumut

Isu Penculikan Anak Marak, Begini Tanggapan Polda Sumut

Sipayo.com – Isu penculikan anak kian marak beredar di media sosial seperti grup WhatsApp dan Facebook dalam kurun beberapa waktu belakangan. Hal tersebut telah menimbulkan keresahan di tengah masyarakat.

Menanggapi isu tersebut, Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan, menyampaikan bahwa isu penculikan anak yang marak beredar adalah kabar bohong alias hoax. Atas hal tersebut, dirinya pun meminta masyarakat tidak cemas atas isu-isu tersebut.

“Tidak benar itu. Isu itu hoax,” ungkapnya kepada wartawan, Rabu (31/10/2018).

Menurut Nainggolan, sampai saat ini tidak ada satupun warga masyarakat yang melaporkan atau menjadi korban peristiwa penculikan anak. Oleh karena itu menurutnya, isu tersebut sengaja dibuat orang yang tidak bertanggung jawab untuk menciptakan kekisruhan di tengah masyarakat.

“Sampai saat ini LP (Laporan) nya ke Polisi di Wilayah Sumatera Utara tidak ada ditemukan. Sudah kita cek itu,” terangnya.

Kendati begitu, sambung MP Nainggolan, sebagai orangtua, tentunya harus tetap waspada terhadap keamanan anaknya. Akan tetapi, imbuh dia, bukan berarti harus mempercayai isu yang tidak betul.

“Kan sudah menjadi tugas orangtua dalam menjaga dan mengawasi anak,” sebutnya.

Disinggung mengenai apakah ada tindak pidana bagi penyebar isu hoax penculikan anak ini, MP Nainggolan menyatakan, hal itu bisa saja dilakukan. Asalkan tutur dia, ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan, dan membuat laporan resminya ke Polisi.

“Kepada masyarakat kita imbau, jangan mudah percaya dengan isu hoax ini ataupun turut serta ikut mensharenya,” pungkasnya.