Diguyur Hujan Deras, Desa Lau Baleng di Karo Dilanda Banjir dan Longsor

Diguyur Hujan Deras, Desa Lau Baleng di Karo Dilanda Banjir dan Longsor

 

 

Sipayo.com – Sejumlah rumah dilanda Banjir dan tanah longsor di desa Lau Baleng, Kecamatan Lau Baleng, Kabupaten Karo, Minggu (16/12/2018) malam.

Selain puluhan rumah terendam banjir, satu unit mobil dan dua becak hingga ternak warga hanyut dibawa arus banjir yang sangat deras.

Menurut data yang dihimpun Sipayo.com, sejumlah rumah di desa di Kecamatan Lau Baleng, Kabupaten Karo terendam banjir setinggi 1,2 meter. Namun tidak ada korban dalam bencana tersebut, tapi kerugian diperkirakan mencapai puluhan juta.

Longsor dan banjir tersebut juga menghambat jalan lintas Medan- Kota Cane, dikarenakan pohon tumbang dan air yang besar hingga menutupi sebagian di jalan. Akibat kejadian ini membuat arus lalu lintas terganggu.

Menurut salah satu warga setempat Sihar Hutagalung, mengatakan banjir tersebut diakibatkan karena masyarakat terlalu berambisi mengambil uang, sehingga pepohonan sebagai penahan air selama ini habis ditebangi.

“Pohon-pohon yang habis ditebang mengakibatkan air hujan deras yang turun dalam beberapa hari terakhir tak lagi ada penahannya, sehingga mengakibatkan banjir,” ungkapnya.

Mengenai kejadian tersebut, Sihar juga meminta agar masyarakat yang melakukan hal tersebut supaya sadar dan melakukan reboisasi agar kedepan tidak terjadi lagi kejadian yang sama.

Lebih lanjut Sihar berharap agar kejadian serupa tidak terulang terjadi dan pemerintah juga harus turut menangani kejadian tersebut, karena masyarakat mengalami kerugian yang cukup besar.