Dikunjungi Arya Sinulingga, Warga Simalungun Curhat Infrastruktur ke Objek Wisata Tinggi Raja

Dikunjungi Arya Sinulingga, Warga Simalungun Curhat Infrastruktur ke Objek Wisata Tinggi Raja
Foto: Tokoh Nasional asal Sumatera Utara, Arya Sinulingga saat berjalan kaki menuju objek wisata Tinggi Raja

Sipayo.com – Warga Dolok Marawa, Kecamatan Silau Kahean, Kabupaten Simalungun menyampaikan sejumlah keluhan saat dikunjungi tokoh nasional asal Sumatera Utara Arya Sinulingga, Minggu (2/12/2018). Salah satu permasalahan yang paling utama yang dihadapi masyarakat adalah terkait rusaknya infrastruktur jalan ke desa mereka.

Padahal menurut warga setempat di Desa Dolok Nagori terdapat salah satu objek wisata andalan di Kabupaten Simalungun, yakni kawasan Kawah Putih Tinggi Raja, yaitu objek wisata kawah putih di atas bukit yang mengeluarkan air panas berwarna biru kehijauan.

“Kami sangat mengucapkan terima kasih atas kedatangan Bapak Arya Sinulingga atas kunjungannya ke desa kami. Selanjutnya kami memohon agar masalah sarana dan prasana jalan menuju objek wisata alam Tinggi Raja dari ibukota kecamatan ada sekitar 12 kilometer lagi yang akan kami ajukan proposal pembangunannya ke Kementerian Desa. Mohon kirannya dapat dibantu,” ujar Marsehatsehat Sipayung yang juga merupakan Pangulu Nagori Dolok Marawa.

Selanjutnya Sipayung juga menyampaikan harapannya agar di desa mereka dapat didirikan tower telepon seluler, mengingat hingga kini warga di Desa Dolok Marawa sangat kesusahan dalam akses informasi.

“Warga kami juga berharap agar di desa ini didirikan tower telepon seluler, karena selama ini kami sangat kesulitan berhubungan keluar karena tempat menemukan adanya titik signal telekomunikasi hanya di tempat tertentu, itu pun sangat jauh sekitar 3 kilometer dari Dolok Marawa,” ujarnya.

Menanggapi keluhan warga, Arya Sinulingga yang juga merupakan Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin, mengatakan akan membantu menyampaikan aspirasi masyarakat Dolok Marawa ke tingkat pusat.

“Pembangunan infrastruktur dan perasaranan lain yang dapat menunjang pariwisata di kawasan objek wisata Tinggi Raja memang sangat penting. Apalagi pemerintah pusat juga saat ini memang tengah mencanangkan program ekonomi pariwisata untuk memajukan ekonomi Indonesia,” ujar Arya Sinulingga yang juga merupakan Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Saya akan membawa aspirasi yang disampaikan warga ke tingkat pusat. Semoga harapan warga Dolok Marawa segera terwujud, sehingga geliat pariwisata di desa ini akan bangkit. Apalagi panorama alam yang ditawarkan objek wisata Tinggi Raja memang benar-benar sangat menjanjikan,” kata Arya.

Foto: Arya Sinulingga di lokasi objek wisata Tinggi Raja

Sebagaimana diketahui, objek wisata Tinggi Raja yang berada di Dolok Marawa, Kecamatan Silau Kahean, Kabupaten Simalungun memiliki panorama unik dengan kawasan kawah putih, serta danau yang mengeluarkan air panas berwana biru kehijauan.

Pemandangan perbukitan dan hamparan kapur yang berwarna putih bak salju, dipadu dengan warna hijau dari dasar kawah air belerang, membuat lokasi wisata alam ini cukup tepat untuk dijadikan lokasi melepas kepenatan.

Bila sarana penunjang seperti infrastruktur jalan yang baik dibangun menuju Tinggi Raja, maka objek wisata ini dapat ditempuh dengan mudah dari 4 Kabupaten dan Kota di Sumatera Utara, yakni Kabupaten Simalungun, Deli Serdang, Serdang Bedagai, dan Kota Medan.