Google Hangout Dikabarkan Akan Segera Tutup

Google Hangout Dikabarkan Akan Segera Tutup

 

Sipayo.com – Raksasa mesin pencari Google, belakangan ini dikabar bahwa Google berencana menutup operasional Hangouts pada 2020 mendatang. Rumor soal penutupan layanan tersebut sebenarnya telah beberapa kali terdengar, tetapi hingga kini belum terbukti.

Google Hangouts ditutup lantaran produk tersebut dinilai krisis identitas sejak pertama kali diluncurkan sebagai ganti Google Talk di 2013.

Kabar mulanya penutupan Hangouts terendus ketika Google meluncurkan Duo dan Allo pada 2017 lalu. Selanjutnya, ketika Google Plus dihapus, kabar soal Hangouts pun kembali santer terdengar.

Menanggapi hal tersebut, VP Google Hangouts, Scott Johnson, tak sepenuhnya membantah rumor yang beredar. Hanya saja, ia menegaskan hingga kini belum ada pembicaraan soal penutupan Hangouts secara keseluruhan.

Menurut dia, ada rencana pengguna Hangouts bakal dimigrasikan ke layanan enterprisebernama Hangouts Chat dan Hangouts Meet. Tak menutup kemungkinan Hangouts klasik pada akhirnya ditutup, tetapi belum ada pembicaraan sampai ke sana.

Google agaknya tak mau memuaskan prediksi masyarakat dan terus mempertahankan Hangouts. Layanan ini telah menemani pengguna setianya sejak tujuh tahun lalu, tepatnya pada 2011.

Hangouts awalnya diperkenalkan sebagai fitur yang tersemat pada Google Plus. Kiprahnya sebagai layanan mandiri (standalone) dimulai sejak 2013.