IMKL Dampingi Masyarakat yang Keberatan dengan SK HKm

IMKL Dampingi Masyarakat yang Keberatan dengan SK HKm

Sipayo.com – Ikatan Mahasiswa Kecamatan Lau Baleng (IMKL) melakukan pertemuan dengan beberapa masyarakat desa di Kecamatan Lau Baleng Kabupaten Karo. Pertemuan itu membahas tentang permasalahan yang saat ini terjadi di tengah masyarakat akibat keluarnya SK hutan kemasyarakatan (HKm) dengan nomor SK.5178/MenLHK PSKL/PKPS/PSL.0/8/2018 atas nama Lagasima.

Adapun beberapa desa yang merasa dirugakan dengan dikeluarkannya SK HKm tersebut, yaitu desa Pintu Angin, desa Lau Mulgap, desa Lau Garut, Desa Batu Rongkam, dan Dusun Kampung Baru. Menurut masyarakat, di beberapa desa tersebut tidak pernah mendapat sosialisasi terkait program HKm, dan dengan keluarnya SK Mentri tersebut telah merampas HAK dan merugikan masyarakat.

IMKL yang melakukan pertemuan dengan masyarakat yang menolak penerbitan SK tersebut sepakat untuk membentuk Forum Gerakan Masyarakat Menolak Ketidak Adilan (FORGAMMKA), untuk melakukan perlawanan terkait surat SK HKm tersebut.

Ketua IMKL Nhov Trakapta Putra Kaban menilai surat keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No SK.5178 HKM atas nama Lagasima cacat hukum, dimana HKm Lagasima telah
merampas hak dan merugikan masyarakat karena telah mengklaim lahan masyarakat yang telah ditempati secara turun temurun.

“Padahal menurut Peraturan MENLKH No 83 tahun 2016 dan Peraturan Menhut No 88 tahun 2014 sangat jelas dinyatakan bahwa Hutan Kemasyarakatan adalah Hutan Negara yang pemanfaatan utamanya ditujukan untuk memberdayakan masyarakat setempat bukan masyarakat dari luar kawasan hutan tersebut,” ujarnya.

“Dan sangat jelas dinyatakan dalam peraturan tersebut bahwa Hutan Negara adalah Hutan yang berada pada tanah yang tidak di bebaninhak atas tanah. Nah, yang menjadi pertanyaan besar adalah kenapa izin HKm Lagasima bisa dikeluarkan di lahan masyarakat yang telah di tempati secara turun temurun” lanjutnya.

Perwakilan masyarakat di beberapa desa tersebut Marigan Sitanggang turut mengucapkan terima kasih atas dukungan IMKL. “Kami sangat mengucapkan terima kasih kepada seluruh anak-anak kami dari IMKL karena akan membantu menyelesaikan permasalahan yang saat ini kami hadapi terkait dengan keluarnya surat keputusan Menteri 5178 Lagasima. Kami berharap agar HKM 5178 Lagasima dibatalkan dan di revisi,” kata Maringan Sitanggang.