Ini 10 Manfaat Bawang Merah Mentah untuk Kesehatan 

Ini 10 Manfaat Bawang Merah Mentah untuk Kesehatan 

 

Sipayo.com – Bawang merah penuh dengan nutrisi dan mengandung banyak senyawa pelindung.

Bawang merah juga merupakan sumber vitamin C, vitamin B6, biotin, asam folat, chromium, kalsium dan serat. Selain itu, bawang merah kaya flavonoid terutama quercetin yang merupakan bagian dari serat.

Bawang merah mentah adalah sumber yang kaya akan senyawa organik yang mengandung sulfur.

Mengonsumsi bawang merah setiap hari tentu memiliki sangat banyak manfaat kesehatan.

Berikut inilah manfaat makan bawang mentah :

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Bawang merah efektif dalam menurunkan kolesterol dan trigliserida. Senyawa belerang dalam bawang ini bertindak sebagai pengencer darah alami, sehingga mampu mencegah agregasi trombosit. Quercetin mencegah pengerasan arteri dan penumpukan plak, yang mampu mengurangi risiko serangan jantung.

2. Mengatasi masalah pernapasan

Tindakan anti-inflamasi dalam bawang merah mampu menenangkan otot-otot saluran napas, mengurangi asma dan bronkitis. Keuntungan lainnya ialah efektif mencegah batuk, pilek, flu, bersin-bersin dan hidung meler. Makanlah bawang merah jika terasa tidak nyaman ketika mengalami serangan flu agar kondisi kesehatan Anda tetap stabil.

3. Mengurangi risiko penyakit lambung

Tindakan antimikroba dari bawang merah membuatnya berguna dalam mengobati penyakit yang dibawa makanan, yang disebabkan oleh infeksi mikroba. Fitokimia hadir dalam bawang merah mengurangi risiko tukak lambung. Anda harus melakukan kebiasaan baik makan bawang merah, jika ingin terlepas dari masalah lambung.

4. Obat sembelit

Bawang merah mengandung serat larut, yang mendorong pertumbuhan bakteri yang baik di usus Anda. Makan satu bawang mentah sehari akan menghindari sembelit. Ini adalah salah satu manfaat kesehatan terbaik dari makan bawang mentah setiap hari.

5. Mengobati tuberkulosis

Bawang merah juga memiliki sifat antiseptik serta antimikroba. Fungsinya dapat menonaktifkan mycobacterium yang menyebabkan tuberkulosis, serta mengerahkan efek anti-tubercular. Jika ingin merasakan manfaatnya, makan bawang merah mentah dengan garam setiap hari.

6. Meningkatkan produksi ASI

Makan bawang merah mentah memiliki efek yang nyata dalam meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui. Cobalah untuk menggunakan bawang merah tersebut untuk makan salad atau sandwich. Selain mendapatkan asupan serat, Anda juga bisa mendapat antioksidan dari bawang merah yang baik.

7. Mengatur tekanan darah

Bawang merah rendah kalori, rendah sodium dan tidak mengandung lemak. Ini meningkatkan elastisitas pembuluh darah, yang nantinya efektif dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Bagi penderita hipertensi disarankan untuk makan bawang merah yang baik untuk melawan penyakit serius.

8. Untuk detoksifikasi

Mengonsumsi bawang merah membantu mendetoksifikasi tubuh Anda dari racun berbahaya. Ini akan memurnikan darah dan melancarkannya. Anda bisa mengonsumsi bawang merah secara rutin, yang nantinya tubuh mampu melawan radikal bebas dengan sendirinya.

9. Mengobati anemia

Kandungan zat besi yang tinggi dalam bawang membuatnya berguna dalam mengobati anemia. Makan bawang berukuran sedang sehari akan bermanfaat. Ibu hamil wajib makan bawang merah supaya terhindar dari ancaman anemia.

10. Mengontrol gula darah

Bawang merah juga menunjukkan sifat memodifikasi gula darah yang signifikan. Selain membatasi asupan gula Anda, makan bawang mentah dapat membawa kadar gula darah Anda di jalur yang benar.