Ini 5 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Ini 5 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

 

Sipayo.com – Bawang putih merupakan salah satu bumbu masak yang wajib tersedia di dapur orang Indonesia. Tanaman yang bernama latin Allium sativum ini memang bermanfaat untuk memberi rasa sedap masakan dan aroma yang menggiurkan.
Namun, selain manfaatnya bagi masakan, bawang putih pun mengandung beragam manfaat untuk kesehatan
Berikut inilah 5 manfaat bawang putih untuk kesehatan :
1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Bawang putih sangat membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh sehingga dapat memerangi berbagai jenis  penyakit.

Penelitian menunjukkan mengonsumsi suplemen bawang putih dapat mengurangi pilek hingga 63 persen. Studi lain juga menemukan bawang putih dapat mengurangi jumlah hari sakit pilek atau flu sebesar 61 persen.

2. Mengurangi Tekanan Darah

Sebuah studi menunjukkan bahwa konsumsi bawang putih juga memiliki efek signifikan mengurangi tekanan darah pada penderita darah tinggi. Ekstrak bawang putih juga memiliki efektivitas yang sama dengan obat atenolol untuk mengurangi tekanan darah selam 24 minggu. Jumlah ini dibutuhkan untuk mengurangi tekanan darah ini setara dengan empat siung bawang putih setiap hari.
3. Mengurangi Kolesterol
Bawang putih sangat ampuh menurunkan kolesterol jahat sekitar 10-15 persen. Sebuah penelitian menemukan bahwa bawang putih dapat mengurangi tingkat kolesterol jahat atau LDL tapi tidak mempengaruhi kolesterol baik atau HDL. Ini membuat bawang putih dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung, penyakit jantung dan stroke.

4. Mencegah Alzheimer

Kandungan antioksidan yang terdapat  di dalam bawang putih ampuh memerangi radikal bebas penyebab penuaan. Bawang putih terbukti dapat mengurangi stres oksidatif dan mengurangi risiko penyakit otak seperti alzheimer dan demensia.

5. Mendetoks Tubuh

Senyawa sulfur dalam bawang putih terbukti melindungi organ tubuh dari kerusakan dan keracunan logam berat.  Studi mendapati bawang putih bisa mengurangi kadar timbal dalam darah sebesar 19 persen. Hal ini dapat mengurangi sakit kepala dan tekanan darah tinggi.