Inilah 5 Cara Alami Sembuhkan Luka Bakar

Inilah 5 Cara Alami Sembuhkan Luka Bakar

 

Sipayo.com – Kulit terbakar merupakan jenis luka, kerusakan jaringan atau kehilangan jaringan yang diakibatkan sumber panas ataupun suhu dingin yang tinggi, sumber listrik, bahan kimiawi, cahaya, radiasi dan friksi. Luka bakar dapat merusak jaringan otot, tulang, pembuluh darah dan jaringan epidermal yang mengakibatkan kerusakan yang berada di tempat yang lebih dalam dari akhir sistem persarafan.

Luka bakar itu sendiri akan menunjukan gejala seperti kulit memerah dan bengkak, rasa sakit yang luar biasa, kulit terlihat basah atau licin dan lembap, kulit melepuh, pada kasus yang parah kulit menghitam atau terbakar hangus, dan lain-lain.

Setiap orang pasti berisiko terkena luka bakar, apalagi mereka yang bekerja berhubungan dengan penggunaan api atau zat-zat yang mudah meledak. Bila Anda mengalami luka bakar, segeralah untuk mengobatinya.

Berikut inilah beberapa pengobatan alami untuk mengatasi luka bakar kecil di rumah.

1. Susu

Siapkan semangkuk susu skim dingin dalam mangkuk. Siramkan susu cair ke bagian kulit yang mengalami luka bakar.

Susu akan membantu ‘menenangkan’ kulit yang meradang karena luka bakar. Selain itu susu juga dianggap baik untuk perawatan setelah luka.

2. Kentang

Ambil kentang mentah, kemudian belah. Gosokkan kentang ke area luka bakar selama beberapa saat. Irisan kentang mentah ini akan membantu menghilangkan iritasi di sekitar luka.

3. Lidah buaya

Mengutip Boldsky, para ahli mengungkapkan bahwa lidah buaya adalah obat yang baik untuk mengobati luka bakar tingkat satu.

Lidah buaya mengandung bahan yang menenangkan peradangan di kulit. Lidah buaya juga akan mengurangi kemungkinan luka bakar untuk membengkak.

4. Minyak kelapa

Minyak kelapa juga diklaim baik untuk mengobati luka bakar. Kandungan vitamin E dan juga asam lemak seperti lauric acid, dan lainnya berfungsi untuk antijamur dan antibakteri.

5. Teh

Cara mengobati luka bakar, kantong teh hitam dingin akan membantu Anda meredakan luka bakar.

Tanin dalam teh hitam akan menurunkan panas dari luka bakar dan meredakan sakit.

Letakkan kantong teh hitam (yang sudah dicelup air dan didinginkan) di area yang terluka. Bebat dengan perban.