Ketahuilah! Ini 7 Kesalahan Sering Dilakukan saat Menyikat Gigi

Ketahuilah! Ini 7 Kesalahan Sering Dilakukan saat Menyikat Gigi

Foto: Ilustrasi

Sipayo.com – Menyikat gigi penting untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Namun, menyikat gigi juga harus dilakukan dengan baik dan benar lho, Bun.

Ketua Ikatan Spesialis Penyakit Mulut Indonesia, drg Rahmi Amtha, MDS, Sp.PM, PhD mengatakan bahwa hasil riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) menemukan, hanya 2,9 persen orang yang benar dan tahu kapan harus menyikat gigi. Sebagian besar orang biasanya menyikat gigi ketika habis mandi dan sebelum tidur. Padahal itu salah, Bun.

“Yang benar itu, sesudah makan pagi dan mau tidur. Ini kesalahan sederhana dan yang tahu ini hanya 2,9 persen penduduk Indonesia. Tapi, untuk cara menyikat gigi sebagian besar sudah tahu kok,” kata drg Rahmi di tengah acara ‘Cegah Kematian Akibat Kanker Rongga Mulut dengan Deteksi Dini Lesi Pra Kanker’ di DLab Cocowork, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Nah, berikut tujuh kebiasaan salah yang biasa dilakukan saat menyikat gigi, dikutip dari Mouth Healthy.

1. Terlalu lama pakai sikat gigi (usia sikat gigi)

ADA (American Dental Association) merekomendasikan sikat gigi kita setiap 3-4 bulan. Jadi, buatlah jadwal untuk mengganti sikat gigi beberapa bulan sebagai resolusi di tahun depan.

Bulu-bulu yang berjumbai dan tidak beraturan tidak akan membuat gigi bersih. Ini adalah tanda untuk membuang sikat gigi lama kita.

2. Menyikat gigi secepat kilat

Terkadang karena buru-buru, sikat gigi hanya sekenanya saja. Padahal gigi paling tidak disikat 2 menit dalam dua kali sehari. Sebagian besar dari kita gagal, rata-rata waktu yang dihabiskan orang untuk menyikat gigi hanya 45 detik.

3. Menyikat terlalu keras

Sebagian orang berpikir, menyikat gigi lebih keras akan menghilangkan lebih banyak sisa makanan dan bakteri. Tidak, menyikat gigi dengan lembut lebih disarankan, karena terlalu banyak tekanan juga dapat merusak gusi kita, Bun.

4. Menyikat gigi tepat setelah makan

Jika kita merasa perlu membersihkan gigi setelah makan atau minum, tunggulah setidaknya 60 menit sebelum menyikat gigi. Terutama jika kita telah meminum sesuatu yang asam seperti lemon atau soda. Minum dan berkumurlah dengan air bersih terlebih dahulu.

5. Menyimpan sikat gigi tidak benar

Setelah selesai menyikat gigi, jauhkan sikat gigi dan biarkan mengering di tempat terbuka. Hindari menyimpan sikat gigi dalam wadah tertutup, di mana kuman memiliki lebih banyak kesempatan untuk tumbuh.

6. Penggunaan sikat gigi dengan bulu keras

Bulu sikat yang lembut adalah yang teraman. Tetap berhati-hati dan dengan lembut saat menyikat gigi. Konsultasikan dengan dokter gigi tentang jenis sikat gigi yang terbaik untuk kita dan keluarga.

7. Teknik menyikat gigi tidak tepat

Berikut ini satu teknik untuk mencoba sikat menyeluruh:

– Pertama, letakkan sikat gigi pada sudut 45 derajat ke gusi. Kemudian, sikat dengan lembut ke depan dan ke belakang dengan gerakan yang pendek (sesuai lebar gigi).

– Selanjutnya, sikat permukaan luar, permukaan bagian dalam, dan permukaan gigi yang mengunyah. Untuk membersihkan permukaan bagian dalam gigi depan, miringkan sikat secara vertikal dan buat beberapa gerakan naik-turun.