Presiden Joko Widodo Sebut Infrastruktur di Sumatera hingga Papua Harus Sebaik di Jawa

Presiden Joko Widodo Sebut Infrastruktur di Sumatera hingga Papua Harus Sebaik di Jawa

Foto: Presiden Joko Widodo

Sipayo.com – Pembangunan infrastruktur sedang marak dilakukan pemerintah Indonesia. Hal itu dilakukan sebab Indonesia merupakan bangsa yang besar dan harus saling terhubung.

“Jangan melihat pembangunan infrastruktur dari kacamata ekonomi semata-mata. Membangun infrastruktur itu adalah soal persatuan Indonesia sebagai bangsa yang besar,” kata Presiden Joko Widodo di akun instagramnya, dikutip Jumat (7/12/2018).

Pembangunan yang tengah dilakukan oleh pemerintah Indonesia ini guna meningkatkan hubungan antar daerah.

“Pembangunan infrastruktur yang merata di seluruh wilayah Nusantara itu dengan harapan agar keterhubungan antarwilayah menjadi lebih meningkat, menyatukan seluruh daerah di Tanah Air, sehingga meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan,” tulisnya.

Saat ini pembangunan infrastruktur di Papua hingga Sumatera sedang diteruskan pengerjaannya. Hal itu dilakukan untuk menjadikan daerah-daerah lain dapat memiliki infrastruktur sebagus daerah Jawa.

“Itulah mengapa infrastruktur jalan di Papua, Kalimantan, Sumatera dan lain-lain, harus dibangun sebaik Pulau Jawa,” terangnya.

Apabila pembangunan yang ada di Indonesia berjalan dengan lancar, maka tidak heran apabila semua daerah saling mengenal satu sama lain.

“Dengan keterhubungan antarwilayah yang bagus: orang Aceh semakin mengenal orang Papua, orang Papua harus kenal orang Kalimantan, orang Kalimantan harus kenal orang Jawa, orang Jawa harus kenal orang Sulawesi,”

Bahkan lewat lagu Dari Sabang Sampai Merauke pun telah dijelaskan agar Indonesia saling sambung menyambung menjadi satu. Sebab Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak pulau, namun saling terpisah.

“Bahkan R. Soerarjo, lewat lagunya Dari Sabang Sampai Merauke, sejak dulu telah menuliskan: ‘Sambung menyambung menjadi satu. Itulah Indonesia!’ Kenapa harus sambung menyambung? Supaya negara besar ini, yang wilayahnya ‘Dari Sabang sampai Merauke. Berjajar pulau-pulau’, bisa disatukan,” jelas kata Jokowi.