Telah Terbentuk 7 Kecamatan, Forum Anak Karo Diharapkan Menjadi Pelopor dan Pelapor

Telah Terbentuk 7 Kecamatan, Forum Anak Karo Diharapkan Menjadi Pelopor dan Pelapor

Sipayo.com – Forum Anak merupakan wadah partisipasi anak sebagai media aspriasi dalam proses pembangunan, sehingga, pemenuhan hak dan tumbuh kembang anak dapat terjamin.

Demikian disampaikan Fasilitator Forum Anak yang menjadi narasumber Fasilitasi dan Pengembangan Forum Anak Kabupaten Karo di 6 Kecamatan, Amsalta Sinuhaji yang digelar di SMA Negeri 1 Berastagi (30/11/2018). Anak juga di harapkan menjadi 2P yakni Pelopor dan Pelapor.

“Pelopor artinya dapat terlihat aktif menjadi agen perubahan, serta pelapor dapat menyampaikan pandangan atau pandangan terhadap hak anak yang tidak terpenuhi, ” tegas Mantan Ketua Umum Forum Anak Kabupaten Karo ini.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Karo, dr. Hartawaty Tarigan menjelaskan kehadiran Forum Anak tersebut merupakan keterwakilan dari anak yang dibina oleh Pemerintah dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

“Partisipasi Anak bertujuan menjamin agar anak dapat tumbuh kembangnya secara optimal sehingga pada saatnya anak mampu menjawab tantangan jamanya ,” ujar dr.Hartawaty.

Tambahnya, dalam proses pembangunan Kepala Dinas DPPA ini memohon kepada camat-camat agar Forum Anak Kecamatan ini dapat diundang dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (MUSRENBANG) tingkat kecamatan.

Adapun Forum Anak tingkat Kecamatan yang telah terbentuk yakni Kecamatan Berastagi, Kecamatan Kabanjahe, Kecamatan Tigapanah, Kecamatan Barusjahe, Kecamatan Simpang Empat, Kecamatan Merek dan Kecamatan Tiganderket.