Berkunjung ke Relokasi Siosar, Jubir TKN Jokowi-Ma’ruf: Pemerintah Harus Dorong Siosar Jadi Desa Sadar Wisata

Berkunjung ke Relokasi Siosar, Jubir TKN Jokowi-Ma’ruf: Pemerintah Harus Dorong Siosar Jadi Desa Sadar Wisata

Foto: Jubir TKN Jokowi-Ma’ruf Amin, Arya Sinulingga saat Berkunjung ke Relokasi Siosar

Sipayo.com – Para pengungsi korban Gunung Sinabung asal 3 desa yakni Desa Bakerah, Sukameriah, dan Simacem terhitung sudah menempati daerah relokasi siosar sejak desa mereka tidak dapat lagi dihuni pasca Erupsi Gunung Sinabung. Perlahan tapi pasti, masyarakat asal ketiga desa tersebut kembali mulai menata kehidupan mereka didaerah yang baru tersebut mulai dari menggeluti sektor pertanian hingga pariwisata.

Siosar kedepan diharapkan menjadi salah satu desa Sadar Wisata mengingat potensi wisata didaerah tersebut sangat besar. Berada di ketinggian 1500-1600 Mdpl, siosar kini menjadi salah satu lokasi favorit wisatawan di akhir pekan. Hal ini tentunya dapat memberikan mata pencaharian baru kepada masyarakat disektor usaha lain, yakni jasa di bidang Pariwisata.

Keinginanan warga yang berasal dari 3 desa untuk melakukan pengelolaan pariwisata di kawasan siosara menjadi harus mendapatkan dukungan dari semua pihak khusunya pemerintah kedepan. Hal ini diungkapkan oleh juru bicara TKN Jokowi-Maaruf Amin, Arya Sinulingga saat melakukan kunjungan ke kawasan Siosar.

Arya mengungkapkan bahwa relokasi yang rampung dilaksanakan diera pemerintaha Jokowi-JK ini merupakan salah satu contoh yang baik mengenai sebuah konsep relokasi pengungsi di Indonesia bahkan di dunia. “Hal ini dibuktikan dengan adanya keinginan masyarakat lebih jauh dengan menjadikan kawasan ini menjadi desa sadar wisata.” jelas Arya saat berdiskusi dengan masyarakat siosar, Minggu (13/1/2019).

Untuk itu, Arya mengungkapkan bahwa kedepan perlunya diberikan satu pelatihan khusus kepada seluruh masyarakat dikawasan siosar agar dapat memaksimalkan potensi pariwisata menjadi nilai ekonomi baru. “Masyarakat perlu ditingkatkan sumber daya manusia agar betul-betul siap dan menjadi pelaku-pelaku wisata profesional nantinya,” terang Arya.

Berdasarkan pantauan Sipayo.com, selain berkeliling dikawasan relokasi siosar, Arya juga tampak singgah disalah satu kafe milik warga yang tinggal dikawasan tersebut. Di kafe tersebut, Arya juga tampak menikmati kopi yang merupakan hasil dari tanaman kopi milik warga relokasi.