Di Tahun 2019, Ini yang Dikhawatirkan Menteri Sri Mulyani

Di Tahun 2019, Ini yang Dikhawatirkan Menteri Sri Mulyani

Foto: Sri Mulyani

Sipayo.com – Menteri Keuangan Sri Mulyani menilai tahun ini perekonomian global masih akan mengalami gejolak. Hal itulah yang menjadi kekhawatirannya dalam menjaga ekonomi dalam negeri tahun ini.

Sri Mulyani menyampaikan kekhawatiran itu dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi XI DPR RI bersama dengan Gubernur BI Perry Warjiyo dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro.

“Pertumbuhan ekonomi dunia diperkirakan akan mengalami perlambatan di 2019. Kita perkirakan di 3,7% lebih rendah dari tahun sebelumnya 3,9%,” tuturnya di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (16/1/2019).

Sri Mulyani juga memperkirakan pertumbuhan perdagangan dunia tahun ini juga akan melambat dari 4,2% menjadi 4%. Dia khawatir hal itu akan berdampak pada neraca dagang Indonesia.

“Kami pahami bahwa dengan perdagangan global akan melemah yang akan pengaruhi internal kita,” tambahnya.

Namun yakin pertumbuhan ekspor dan impor RI tahun ini masih akan sesuai dengan proyeksi di APBN 2019 yakni ekspor 6,3% dan impor 7,1%.

“Kita juga harus antisipasi, meski Gubernur The Fed akan lebih sabar dalam menaikkan suku bunga, namun bukan berarti tidak akan menaikkan suku bunga dan juga trade war yang harus di waspadai,” ujarnya.

Tahun ini pemerintah memproyeksikan pertumbuhan ekonomi mencapai 5,3%, lalu konsumsi rumah tangga tumbuh 5,1%, konsumsi pemerintah 5,4% dan pembentukan PDB tumbuh di atas 7%.