Hadiri Pesta Tahunan, TKN Jokowi-Ma’ruf Amin: Dorong Pesta Rakyat Karo Jadi Wisata

Hadiri Pesta Tahunan, TKN Jokowi-Ma’ruf Amin: Dorong Pesta Rakyat Karo Jadi Wisata

Foto: Juru Bicara TKN Jokowi-Ma’ruf Amin, Arya Sinulingga Hadiri Pesta Tahunan di Desa Batu Karang

Sipayo.com – Ribuan warga dari seluruh desa di Kabupaten Karo, Sumut menggelar pesta rakyat (Kerja Tahun) yang diadakan setahun sekali sabagai bentuk rasa syukur atas karunia yang mereka dapatkan. Acara ini dibuat di Desa Batu Karang, Kecamatan Payung.

Pesta tahunan yang digelar selama tiga hari mulai 18,19, hingga 20 Januari 2019 ini, masyarakat Batukarang dan sekitarnya disuguhi sejumlah hiburan rakyat seperti festival tari, gendang-gendang, guro-guro aron, serta sejumlah hiburan rakyat lainnya.

Caleg DPR Dapil III Sumut nomor urut 1 dari Partai Perindo sekaligus Juru Bicara TKN Jokowi-Ma’ruf, Arya Sinulingga mengatakan, pesta tahunan ini merupakan bentuk dari ucapan syukur masyarakat Batukarang atas hasil panen yang mereka dapatkan.

Arya mengungkapkan bahwa masyarakat asal Batukarang yang bekerja dan merantau akan menyempatkan waktu untuk kembali ke kampung halaman dan bersilaturahmi. “Ini semua berkumpul, baik yang di Medan, Jawa, Papua, dan hampir seluruh wilayah lainnnya,” kata caleg dari Batukarang itu, Minggu (20/1/2019).

Karena itu, Arya berharap agar kegiatan tersebut dapat dijadikan wisata budaya oleh pemerintah daerah hingga dapat menggerakkan potensi-potensi lokal.

“Ini tentunya akan mampu menarik wisatawan dari luar hingga mampu menggerakkan potensi wisata kebudayaan. Tentunya ini juga akan memberikan keuntungan perekonomian juga bagi masyarakat,” katanya.

Panitia pesta rakyat, Frans Maradona Bangun mengatakan, dalam pesta tahunan ini, masyarakat akan disuguhi beragam masakan khas Karo seperti arsik, trites, rires dan beragam masakan khas lainnya.