Ini Penyebab Tubuh Anda Sering Lemas Usai Berolahraga

Ini Penyebab Tubuh Anda Sering Lemas Usai Berolahraga

 

Sipayo.com – Olahraga merupakan salah satu upaya untuk menjaga kesehatan tubuh. Setiap orang dianjurkan melakukan olahraga minimal 20 menit per hari. Bila melakukan olahraga secara rutin, ada beberapa manfaat yang dapat dirasakan.

Beberapa manfaat tersebut yaitu dapat menjaga kesehatan jantung dan paru, memiliki berat badan ideal, serta mencegah penyakit seperti diabetes melitus. Selain itu, sebagian orang melakukan olahraga dengan harapan dapat meningkatkan energi di dalam tubuh.

Namun sebagian orang justru meraskan tubuhnya terasa lemas setelah berolahraga.

Terkait hal itu, menurut Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma, dr. Helmin Agustina Silalahi, memaparkan beberapa alasan mengapa tubuh sering lemas setelah berolahraga.

Hal pertama yaitu tidak melakukan pemanasan, diamana pemanasan sebelum olahraga sangat penting, karena berfungsi membuat otot fleksibel serta memperlancar sirkulasi darah ke otot. Selain itu, pemanasan membuat persendian lebih fleksibel sehingga tidak terkunci yang biasanya menjadi penyebab tubuh lemas usai olahraga.

Selanjutnya yaitu karena jarang berolahraga, karena orang yang tidak pernah olahraga dan langsung melakukan olahraga berat, kata dr. Helmin, besar kemungkinan merasa lemas setelah berolahraga. Sebab, beberapa organ tubuh kaget digempur kegiatan yang berat.

Maka dari itu sebaiknya olahragalah secara bertahap, dari yang ringan hingga olahraga berat. Hal ini penting karena tubuh butuh melakukan penyesuaian dengan kegiatan yang dilakukan.

Dan yang terakhir yaitu karena dehidrasi dan kekurangan nutrisi, karema kekurangan cairan memengaruhi kondisi tubuh setelah berolahraga. Ketika olahraga, sirkulasi tubuh menjadi baik dan oksigen yang masuk semakin banyak. Maka dibutuhkan cairan yang cukup untuk memperlancar metabolisme.

Selain cairan, kekurangan asupan nutrisi seperti protein dan karbohidrat bisa membuat tubuh lemas karena tidak bisa menggantikan kalori yang terbuang setelah berolahraga.

Agar tubuh tetap fit dan bugar setelah berkegiatan seperti olahraga, konsumsi multivitamin seperti Fatigon Multivitamin (kemasan putih). Kombinasi vitamin B kompleks, kalium, magnesium aspartat, dan vitamin E berfungsi membantu memelihara kesehatan tubuh dan mengembalikan semangat usai beraktivitas.