Resmi Dilantik, Badikenita Sitepu jadi Orang Karo Pertama Duduk di DPD RI

Resmi Dilantik, Badikenita Sitepu jadi Orang Karo Pertama Duduk di DPD RI

 

Sipayo.com – Ketua Dewan Perwakilan daerah (DPD) RI Oesman Sapta Odang (OSO) melantik dua Anggota DPD Perganti Antar Waktu (PAW) di Gedung Nusantara IV Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta (18/1/2019).

Dua PAW yang baru dilantik masing-masing Dr.Ir. Herman Danel Ibrahim,M.S.c yang menggantikan Jefrie Giovani dari Provinsi Sumatera Barat. Sedangkan Dr. Badikenita B.R. Sitepu,,SE,M.Si menggantikan Rizal Sirait dari Provinsi Sumatera Utara.

Dr. Badikenita B.R. Sitepu akan bertugas di Komite I dengan ruang lingkup otonomi daerah, hubungan pusat dan daerah, serta pembentukan, pemekaran, dan penggabungan daerah.

Selain itu, Komite I akan turut mengurusi soal Pemukiman dan kependudukan, pertanahan dan tata ruang, Politik, hukum, HAM dan ketertiban umum serta Permasalahan daerah di wilayah perbatasan negara.

Sebelumnya pada Pemilihan Umum tahun 2014 silam, Badikenita yang maju sebagai calon DPD RI dari Sumatera Utara memperoleh 380.684 suara (7,12 persen) atau berada pada peringkat kelima dibawah suara Parlindungan Purba di peringkat ke empat dengan perolehan 393.136 suara (7,36 persen).

Dengan dilantiknya Dr Badikenita Sitepu sebagai anggota DPD RI melalui PAW, sekaligus mencatatkan dirinya sebagai orang Karo pertama yang duduk menjadi anggota DPD RI asal Provinsi Sumatera Utara.

Saat ini, Dr Badikenita Sitepu juga kembali mendaftarkan diri menjadi calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dari daerah pemilihan Sumatera Utara di Pemilu 2019.

Wanita yang juga menjadi dosen di Fakultas Ekonomi USU ini berkeyakinan kuat bakal terpilih menjadi DPD RI dari Provinsi Sumatera Utara dengan peroleh suara mencapai 600.000 suara.