Gmail Android Rombak Desain Semakin Minimalis

Gmail Android Rombak Desain Semakin Minimalis
Sipayo.com – Gmail di Android baru saja menghadirkan pembaruan dalam material desain aplikasinya dengan menghapuskan elemen-elemen yang dinilai terlalu ramai. Pembaruan desain tersebut akan membuat Gmail memiliki tampilan yang berwarna putih secara keseluruhan.

Elemen-elemen semacam label, kontak, dan lampiran, tampak lebih menonjol karena diberi sentuhan warna. Dengan ini, pengguna diharapkan semakin jeli dalam mengidentifikasi email yang masuk.

Jenis huruf (font) yang digunakan pada aplikasi Gmail teranyar juga diganti menjadi “Google Sans”, sama seperti yang dipakai Google Pixel. Penampakan bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

Pencarian email pun lebih mudah dengan memanfaatkan search bar di bagian atas. Pada sisi kiri search bar, tersemat ikon menu tiga garis untuk mengakses berbagai menu semacam pesan masuk utama, sosial, promosi, pesan terkirim, pesan dibintangi, kalendar, dan sebagainya.

Pada sisi kanan search bar, pengguna bakal melihat avatar yang terbingkai dalam lingkaran. Ketika ditekan, pengguna bakal dibawa ke pilihan untuk mengatur akun Google, menambahkan akun, dan beralih ke akun yang sudah didaftarkan sebelumnya.

Google juga mendatangkan fitur baru, seperti kemudahan melihat lampiran email langsung dari halaman utama. Pengguna tak perlu lagi membuka email untuk melihat lampirannya, seperti dilansir dari TheVerge, Kamis (21/2/2019).

Desain baru Gmail untuk Android otomatis hadir untuk seluruh pengguna, tanpa harus melakukan pemutakhiran aplikasi. Google mengatakan desain ini juga bakal diimplementasikan di iOS, dalam waktu yang dekat.