Ini 3 Cara Ampuh Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Ini 3 Cara Ampuh Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

 

Sipayo.com –  Penyakitjantung  merupakan penyebab utama kematian di era modern sekarang. Tak hanya di negara maju, di negara berkembang seperti Indonesia juga demikian. Perubahan lingkungan, pola makan, gaya hidup, merupakan sebagian penyebab meningkatnya kasus penyakit jantung ini.

Beberapa kondisi, seperti usia , hipertensi, gangguan irama jantung, kolesterol tinggi, diabetes, stres dapat meningkatkan risiko Anda untuk mengalami serangan jantung dan stroke.

Berikut inilah 3 cara menurunkan risiko Anda mengalami penyakit jantung :

1. Merokok

Bahan kimia dalam rokok bisa merusak jantung dan dinding pembuluh darah, yang pada akhirnya dapat menimbulkan plak yang menyumbat pembuluh darah. Plak aterosklerosis tersebut dapat berujung pada serangan jantung. Merokok sesedikit apa pun tetap akan meningkatkan risiko penyakit jantung, walaupun semakin banyak Anda merokok, akan semakin tinggi pula risiko serangan jantung tersebut.

2. Mengelola kadar kolesterol, gula, dan tekanan darah

Kolesterol tinggi, diabetes mellitus, dan hipertensi merupakan faktor risiko penting penyebab penyakit jantung. Penyakit ini dapat dicegah dengan menjaga pola makan dan berolahraga.

3. Mengendalikan stres

Tuntutan pola hidup dewasa ini rentan membuat banyak orang stres. Seperti yang Anda tahu, stres juga berhubungan dengan penyakit jantung. Namun, Anda tetap dapat mengendalikan kondisi tersebut, yakni dengan manajemen stres. Anda bisa mendengarkan musik yang menenangkan, menonton film komedi, bermeditasi, atau berkonsultasi dengan psikolog.

Karena itu, sebelum semua terlambat ubahlah juga gaya hidup Anda agar Anda terhindar dari penyakit jantung.