Ini 5 Makanan yang Ampuh Pulihkan Kondisi Tubuh Jika Tidak Enak Badan

Ini 5 Makanan yang Ampuh Pulihkan Kondisi Tubuh Jika Tidak Enak Badan

 

Sipayo.com – Saat tubuh sedang dalam keadaan sakit, tentunya segala aktivitas ikut terganggu. Namun, pengobatan yang tepat dapat membuat tubuh cepat pulih dan siap menjalani aktivitas sehari-hari kembali. Akan tetapi, beberapa makanan ini disebut ampuh untuk memulihkan kondisi tubuh.

Berikut inilah 5 makanan yang bisa bantu pulihkan kondisi tubuh:

1. Buah citrus

Kelompok buah citrus seperti jeruk, jeruk nipis, dan lemon mengandung vitamin C yang sangat banyak.

Lapisan putih tipis seperti jaring yang biasa melapisi jeruk dan lemon mengandung flavonoid yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercepat proses pemulihan.

2. Sup kaldu ayam

Ada alasan mengapa sup kaldu ayam dianjurkan bagi pasien pilek dan demam. Sup kaldu ayam yang hangat membantu membuat saluran pernapasan lebih lega, mencegah dehidrasi, dan mengatasi peradangan di tenggorokan.

3. Jahe

Sejumpah studi menunjukkan bahwa jahe memiliki manfaat untuk meredakan mual dan gangguan lainnya pada perut seperti sembelit, perut kembung, dan muntah-muntah.

4. Teh hangat

Teh mengandung antioksidan yang banyak. Antioksidan berfungsi melawan radikal bebas penyebab infeksi, sekaligus menguatkan daya tahan tubuh dan melegakan saluran napas.

5. Pisang

Pisang kaya akan potassium yang bisa menstabilkan pencernaan. Pisang juga merupakan buah yang mudah dicerna, sehingga baik dikonsumsi saat tubuh lemas karena kekurangan energi dan eletrolit.