Ini 8 Sinyal Tubuh yang Wajib Diperhatikan dengan Serius

Ini 8 Sinyal Tubuh yang Wajib Diperhatikan dengan Serius

 

Sipayo.com – Tubuh selalu mengirimkan sinyalnya jika ada masalah dengan kesehatan Anda. Namun, orang tak selalu menganggapnya serius sehingga mengabaikannya meski seharusnya diperhatikan.
Berikut ini delapan tanda pada tubuh terkait kesehatan yang butuh perhatian cepat agar bila ada kondisi kesehatan yang cukup serius bisa dicegah sejak dini.
1. Alis Menipis
Jika Anda menyadari bahwa alis Anda semakin tipis, segeralah berkonsultasi dengan dokter. Rambut alis yang menipis dapat mengindikasikan adanya disfungsi tiroid yang harus ditangani tepat waktu. Namun, perlu dicatat bahwa alis tipis tidak selalu menandakan adanya disfungsi tiroid.

Ini karena seiring bertambahnya usia, seseorang akan cenderung mengalami kerontokan rambut, termasuk menipisnya alis. Oleh karena itu, tetap disarankan untuk berkonsultasi dengan seorang ahli ketika menyadari alis Anda semakin menipis.

2. Gatal pada Kulit
 
Ada banyak hal yang sebenarnya dapat membuat kulit seseorang menjadi gatal, seperti digigit seragangga ataupun reaksi alergi. Akan tetapi rasa gatal pada kulit bisa jadi merupakan tanda diabetes.

Namun, sebelum Anda menyimpulkan bahwa itu diabetes, Anda harus memeriksakan diri, barangkali itu memang karena hasil gigitan serangga atau reaksi alergi lainnya. Kecuali jika rasa gatal pada kulit tersebut terus berlanjut dan tak tertahankan, maka sebaiknya segera temui dokter.

3. Perubahan Berat Badan
Kenaikan atau penurunan berat badan yang terjadi secara tiba-tiba adalah tanda yang tidak boleh diabaikan. Menurut ahli kesehatan, fluktuasi berat badan yang berlebihan bisa menjadi indikasi adanya masalah kesehatan mental.

Jika Anda merasakan kenaikan atau penurunan berat badan seperti ini, segera kunjungi dokter dan ketahui alasan atau penyebab sebenarnya.

4. Kaki Merah Jambu
Warna kaki berwarna merah jambu dengan tekstur kulit terlihat tipis dan berkerut kemungkinan merupakan indikasi dari penyakit yang mendasarinya. Ya, ini adalah tanda adanya masalah metabolik, salah satu di antaranya adalah diabetes.

Ketika kaki Anda berwarna merah jambu seperti ini, Anda harus berkonsultasi dengan dokter sekaligus mengecek kadar gula darah Anda.

5. Jari Kaki Bengkak
Jari-jari kaki yang membengkak bisa menjadi tanda radang sendi psoriasis atau biasa dikenal dengan sebutan psoriasis arthritis. Kalau Anda perhatikan, biasanya jari-jari kaki yang bengkak ini tidak disertai dengan rasa gatal ataupun iritasi.

Maka itu, ketika Anda curiga akan tanda ini, Anda harus segera menemui dan memeriksakan diri ke dokter.

6. Kehilangan Selera Makan
 
Mengalami kehilangan nafsu makan secara mendadak dapat mengindikasikan adanya gangguan metabolik. Jika kehilangan nafsu makan ini disertai dengan acid reflux atau asam lambung, kemungkinan Anda juga mengalami masalah gastroesophageal reflux disease atau GERD.
7. Perubahan Suasana Hati yang Parah
 
Perubahan suasana hati atau emosional yang cukup berat, seperti terlalu marah atau terlalu bahagia bisa menjadi tanda adanya masalah mental. Menurut para ahli, jika emosi Anda berfluktuasi dari bahagia menjadi sedih tanpa alasan atau sebab, maka itu bisa menjadi indikator depresi.

Sebaiknya segera konsultasikan ini dengan tenaga profesional untuk mengetahui penyebab sebenarnya perubahan suasana hati atau mood swing tersebut.

8. Kleptomania
 
Kleptomania merupakan gangguan kontrol impuls yang ditandai dengan dorongan mencuri yang berulang meskipun barang yang dicuri sebenarnya tidak menguntungkan atau dibutuhkan. Jika Anda juga merasakan dorongan untuk mencuri, itu bisa menjadi indikasi demensia.

Oleh karena itu, ketika gejala ini muncul, Anda harus berkonsultasi dengan tenaga ahli karena demensia dapat berujung pada masalah kesehatan fisik maupun mental yang serius.