Ini Cara Amankan Google+ Sebelum Resmi Ditutup 2 April 2019

Ini Cara Amankan Google+ Sebelum Resmi Ditutup 2 April 2019

 

Sipayo.com – Google dikabarkan menutup layanan Google+ pada bulan April. Tepatnya, layanan jejaring sosial besutan Google itu akan pensiun pada 2 April 2019 mendatang.
Meski begitu,  Google memberi kesempatan bagi pengguna untuk mengunduh data yang sempat dibagikan lewat layanan Google+.
“Anda dapat mengunduh dan menyimpan konten Anda sebelum bulan April. Namun, perlu dicatat bahwa foto dan video Anda yang sudah disimpan di Google Photo tidak akan dihapus,” tulis Google (31/1/2019).

Untuk mengunduh dan menyimpan data, pengguna dapat menuju laman Google+ Help. Berikutnya pilih ‘Download your Google+’ untuk mengunduh semua data atau hanya data tertentu saja sesuai kebutuhan.

Lewat blog resminya, Google membagikan cara mengamankan data-data yang sempat dibagikan lewat Google+:

-Masuk ke akun Google+
– Pilih Google+ Help
– Pilih download your data
– Klik ‘next’ untuk memilih tipe konten yang ingin diunduh
– Jika ingin mengunduh data tertentu klik ‘select specific’ dan jika pengguna ingin mengunduh seluruh konten maka dapat pilih ‘file type’
– Pengguna dapat memilih layanan seperti Google Drive, Dropbox dan Microsoft OneDrive untuk menyimpan konten dari Google+
– Lalu klik ‘create archive’

Kabar penghentian Google+ sebenarnya sudah berhembus sejak Oktober 2018 lalu. Google beralasan keputusan untuk menghentikan Google+ lantaran sepi pengguna, disamping kasus kebocoran data.

Sebelum mengumumkan ditutup, Google sempat menghentikan sementara layanan Google+ untuk mengatasi masalah kebocoran data yang bisa memengaruhi 52,5 juta penggunanya.

“Keputusan kami untuk menghentikan Google+ karena rendahnya penggunaan dan sulitnya tantangan untuk mempertahakankan layanan yang sesuai ekspektasi pengguna,” tulis Google.