Instagram Kenalkan Fitur Baru Belanja dalam Aplikasi

Instagram Kenalkan Fitur Baru Belanja dalam Aplikasi

 

Sipayo.com – Instagram pada pekan ini memperkenalkan fitur baru belanja di dalam aplikasi (in-app purchase). Sebuah langkah yang tampaknya akan mengubah media sosial itu menjadi pesaing Amazon, Alibaba, hingga Tokopedia.

Dengan fitur “checkout” baru ini,  pengguna bisa membeli produk langsung dari postingyang diunggah para retailer atau e-commercedan membayarnya langsung tanpa harus keluar aplikasi Instagram.

Instagram bekerja sama dengan PayPal sebagai pilihan pembayaran dalam aplikasi. Ada 23 retailer kenamaan yang produknya bisa dibeli pengguna, yakni Nike, Burberry, dan H&M. Ke depan, kemungkinan daftar retailer akan bertambah panjang.

“Ketika kami membuat pengalaman ini beberapa tahun lalu, niat kami adalah untuk membangun pengalaman komplit berbelanja untuk orang-orang,” jelas Vishal Shah, Head of Product Instagram.

Instagram telah menjajal fitur belanja sejak tahun 2016 ke beberapa retailer. Di dalam setiap posting yang diunggah terdapat logo tas belanja di pojok kiri bawah. Ketika tas tersebut diketuk, akan muncul beberapa item lengkap dengan harga.

Pengguna cukup memilih item mana yang ingin dibeli. Sebelum fitur belanja ini dirilis resmi, untuk menyelesaikan proses pembayaran, pengguna harus mengunjungi situs retailer yang bersangkutan di luar aplikasi Instagram.

Namun mulai kini, fitur checkout akan memudahkan pengguna membayar langsung melalui aplikasi.

Berdasarkan keterangan di situs Instagram, fitur belanja “checkout” di aplikasi Instagram untuk saat ini masih berstatus closed beta dan baru bisa digunakan di wilayah Amerika Serikat. Belum diketahui kapan checkout akan diperluas ke negara-negara lain.