Pemkab Labuhanbatu Tandatangani Nota Kesepahaman Dengan LAN-RI

Pemkab Labuhanbatu Tandatangani Nota Kesepahaman Dengan LAN-RI

Foto: Plt Bupati Labuhanbatu bersama Kepala Lembaga Administrasi Negara/(Abi Pasaribu)

Sipayo.com – Plt Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT atasnama Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu telah menandatangani Nota Kesepahaman dengan Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN-RI) Dr. Adi Suryanto, M.Si dalam acara Inovasi Kolaborasi Percepatan Pembangunan Daerah, Senin (25/3/2019) pagi di Polonia Hotel & Convention Medan disaksikan Sekdakab Labuhanbatu Ahmad Muflih, SH dan Kepala Balitbang Hobol Zulkifli Rangkuti, S.Sos, MM.

Nota Kesepahaman yang ditandatangi tersebut adalah tentang Penguatan Kapasitas Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu melalui Penyelenggaraan Kegiatan Kajian Kebijakan, Pelatihan dan Pengembangan Kompetensi, Inovasi Administrasi Negara serta Pendidikan Tinggi.

Selain penandatanganan yang dilakukan Plt. Bupati Labuhanbatu dengan Kepala LAN-RI, penandatanganan yang sama juga dilakukan antara Plt Bupati Labuhanbatu dengan Rektor Universitas Sumatera Utara Prof. Dr. Runtung, SH, M.Hum, Rektor Institut Teknologi Medan Dr. Ir. Mahrizal Masri, MT, IPM, kemudian dengan Universitas Medan Area Prof. Dr. Dadan Ramdan, M.Eng, M.Sc, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Dr. Agussani, M.AP, selanjutnya antara Plt Bupati Labuhanbatu dengan Pusat Peneliti Kelapa Sawit Dr. Iman Yani Harahap, Ikatan Arsitek Indonesia Sumatera Utara H. Syahlan Jukhri Nasution, ST, IAI dan dengan Ikatan Alumni ITB Daerah Sumatera utara Ir. Syaiful Basri Lubis.

Plt Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe pada acara tersebut mengatakan, Acara ini dibuat bukan untuk suatu yang tidak baik, kita membuat kerjasama kedepan dimana Labuhanbatu ini bisa menjadi Labuhanbatu yang perekonomiannya lebih baik lagi, kita menghasilkan CPO terbesar dan perusahaan-perusahaan terbesar di Kabupaten Labuhanbatu, PTPN III lahannya yang terbesar ada di Labuhanbatu, begitu juga dengan PTPN IV dan perusahaan-perusahaan yang lain.

“Kedepannya saya menginginkan suatu terobosan atau inovasi-inovasi yang terbaru harus kita buat di Kabupaten Labuhanbatu, makanya hari ini kita membuat suatu kerjasama dan saya ada membuat inovasi yaitu akan memberikan beasiswa untuk anak-anak kita yang ingin melanjutkan kuliah baik itu ke Negeri ataupun Swasta yang penting anak Labuhanbatu dan punya KTP Labuhanbatu, dan akan memberikan juga Beasiswa bagi anak-anak yang tidak mampu untuk bisa melanjutkan kuliah, begitu juga untuk anak-anak kita yang ingin kuliah di luar negeri Al Azhar Kairo dan kita sudah kerjasama disana, tahun lalu kita mengirimkan 5 orang dan tahun ini sebanyak 6 orang,” jelas Andi Suhaimi.

Menurutnya, ini adalah salah satu inovasi gimana kedepan Labuhanbatu ini lebih baik lagi dan tadi disampaikan Balitbang bahwa kita sudah memiliki pematangan lahan yang diberinama “Taman Cerdas” dan sudah kita buat anggaran-anggaran biayanya yang nantinya akan kita bagi kepada perusahaan-perusahaan yang ada CSR nya, kita kumpulkan dana CSR ini untuk masyarakat kita dan untuk pembangunan-pembangunan di Kabupaten Labuhanbatu.

Pada Kesempatan itu Plt Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe secara gamblang mengutarakan keinginannya untuk mewujudkan “Taman Cerdas” ini lewat pemaparannya tentang rencana pembangunan Taman Cerdas Rantauprapat yang akan dibangun tanpa menggunakan dana APBD akan tetapi dibangun melalui dana CSR perusahaan-perusahaan yang ada di Kabupaten Labuhanbatu.

Sementara, Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN-RI) Dr. Adi Suryanto, M.Si dalam sambutannya mengatakan, Kami melakukan kerjasama sudah hampir 120 kali yang berkeinginan untuk mengembangkan inovasi, pada forum pertama biasanya dilakukan MoU, kemudian dikumpulkan seluruh aparat Pemda, tapi hari ini saya melihat suatu yang sangat berbeda, karena yang dikumpulkan tidak hanya aparat Pemdanya, tetapi juga dari kalangan Perguruan Tinggi, dari Swasta, dari stake holder yang lain.

“Saya kira ini adalah langkah yang luar biasa dan seingat saya belum ada daerah yang mengumpulkan seperti ini, paling tokoh-tokoh adat, tapi pihak perguruan tinggi tidak diundang, pengusaha tidak diundang, padahal disuatu daerah/wilayah disitu tidak hanya ada pemerintah dan stake holder yang lain dan kita semua tahu bahwa tata kelola pemerintahan memang tidak hanya tertumpu pada pemerintah tetapi harus melibatkan swasta, perguruan tinggi dan lain-lain untuk bersama-sama membangun suatu daerah,” jelas  Adi Suryanto.

Kepala Balitbang Kabupaten Labuhanbatu Hobol Zulkifli Rangkuti, S.Sos, MM dalam laporannya menjelaskan, Rangkaian acara ini dilakukan meliputi Akademisi, Usahawan dan Pemkab Labuhanbatu yang dikemas dalam forum Sistem Inovasi daerah (SIDa) dengan tujuan untuk mewujudkan komitmen pemberdayaan dan pendampingan ekonomi serta sosial kemasyarakatan sesuai dengan potensi unggulan daerah dalam penguatan sistem inovasi daerah (SIDa), kerjasama antara Perguruan Tinggi, Perusahaan dan Pemkab Labuhanbatu yang diharapkan dapat mendukung pengembangan Riset Inovatif Produktif (Rispro) untuk menumbuh kembangkan diseminasi dan inkubator bisnis yang membina tenant-tenant untuk menciptakan start-up baru.

“Inkubator bisnis inilah yang akan menjadi cikal bakal berdirinya Sains Technopark (STP) Labuhanbatu, yang akan diawali dengan pembangunan Taman Cerdas Siandi (Taman Ceria dan Sehat Aman Nyaman Damai Indah), peran dunia usaha dalam mendukung program diatas sangat diharapkan, baik berupa sumbangan pemikiran, pengalaman maupun kerjasama usaha, peran perbankan dalam penguatan permodalan bagi usaha mikro kecil dan menengah serta koperasi, kewirausahaan, ekonomi kreatif dan pariwisata juga menjadi bagian penting dalam sistem inovasi daerah yang akan kita kembangkan bersama,” jelas Hobol Rangkuti pada laporannya.

Akhir dari acara Inovasi Percepatan Pembangunan Daerah Kabupaten Labuhanbatu Melalui Laboratorium Inovasi dan FGD Triple Helix serta Penanadatanganan Nota Kesepahaman tersebut dihiasi dengan pemaparan dan tanya jawab yang diakhiri dengan kegiatan penandatanganan komitmen antara Plt Bupati Labuhanbatu dengan Pimpinan Perusahaan dan Pimpinan Perbankan yang ada di Kabupaten Labuhanbatu. (Abi Pasaribu)