Plt Bupati Labuhanbatu : Keadaan Pemukiman Nelayan Belum Layak Huni

Plt Bupati Labuhanbatu : Keadaan Pemukiman Nelayan Belum Layak Huni

Foto: Plt. Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT (Kemeja Putih)/Abi

Sipayo.com – Plt. Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT  menyempatkan bertatap muka dan bersilaturrahmi dengan para Kepala Desa/Lurah dan perangkat Desa/Kelurahan serta Kepala UPT Dinas Pendidikan, para Kepala Sekolah SD/SMP/Guru dan ASN di jajaran wilayah Kecamatan Panai Hilir maupun tokoh masyarakat setempat yang berlangsung di Halaman Kantor Camat Panai Hilir – Sei Berombang.

Dalam perjumpaan tersebut, Plt Bupati Labuhanbatu itu mengaku sangat prihatin dengan keadaan di Kecamatan Panai Hilir.  “Sudah lama saya perhatikan keadaan pemukiman nelayan di Kecamatan Panai Hilir dan saya merasa pemukiman tersebut belum layak huni dan hari ini cita-cita itu akan segera diperjuangkan karena salah satu syarat utamanya adalah adanya lahan atau tanah yang tersedia untuk pembangunan pemukiman nelayan.” Kata H Andi Suhaimi Dalimunthe, Senin (04/3/2019).

Dari tatap muka dan silaturrahmi yang dihadiri sejumlah Kepala OPD dan Camat Panai Hilir tersebut terungkap bahwa di Desa Sei Baru Kecamatan Panai Hilir sudah pernah memberikan hibah sebidang tanah dengan luas 4 Ha kepada Pemkab Labuhanbatu untuk dijadikan pemukiman nelayan yang layak huni, namun sampai saat ini belum diperoleh informasi bagaimana tindak lanjutnya, ungkap Sekretaris Desa Sei Baru.

Menyikapi hal tersebut, Plt. Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT dengan sepontan menjawab. “Mana surat hibah itu dan serahkan sekarang sama saya (fotokopinya juga bisa), karena hibah tanah desa itulah yang kita harapkan ada, agar Pemkab Labuhanbatu dapat segera mengambil keputusan dan menerobos ke Pemerintah Pusat guna perwujudan Pembangunan Permukiman Layak Huni bagi Nelayan kita didaerah pantai ini,” jelasnya dengan penuh semangat.

Selain itu, Plt. Bupati Labuhanbatu didampingi sejumlah Kepala OPD tersebut melaksanakan dialog dan komunikasi langsung terkait dengan situasi dan kondisi serta keadaan sebenarnya dibidang pembangunan, baik itu dibidang Pendidikan, Kesehatan, Sarana dan Prasarana (Jalan, Perumahan, Penerangan), juga bidang Lingkungan Hidup, Pertanian, Perternakan, Perikanan/Kelautan dan bidang Pemerintahan yang sedang dilaksanakan di Kecamatan Panai Hilir.

Tanya-Jawab dan dialog tersebut berlangsung secara terbuka, dilihat dan didengar secara langsung oleh Masyarakat Umum karena menggunakan alat pengeras suara (Sound System) yang cukup kuat. Setiap pertanyaan secara garis besar dijawab langsung Pelaksana Tugas Bupati Labuhanbatu dan secara tehnis langsung dipersilahkan Kepala Daerah dijawab oleh masing-masing Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mendampingi dilapangan dan dirangkum oleh Asisten Pemerintahan dan Sosial Setdakab Labuhanbatu.

Kemudian, hal-hal Kelistrikan, Pelayanan Kesehatan dan Pembangunan Pagar Sekolah SD dan SMP dalam Kecamatan Panai Hilir sebagaimana diharapkan bersama, dapat terwujud dengan baik, menjadi perhatian serius Pemkab Labuhanbatu.

Diakhir acara Kunker, Camat Kecamatan Panai Hilir, Marasaman Harahap, mengucapkan terimakasih yang tiada terhingga atas kehadiran Plt.Bupati Labuhanbatu dan Para Kepala OPD terkait di Kecamatan Panai Hilir.

“Acara Kunker ini adalah sebuah catatan sejarah bagi Pemerintahan Kecamatan dan juga bagi masyarakat Panai Hilir karena baru kali ini Plt. Bupati Labuhanbatu melakukan Kunjungan Kerja Ke Kecamatan didampingi para Kepala OPD terkait serta dilakukan rapat secara terbuka. Ini adalah menambah semangat dan memicu kami untuk lebih giat lagi membangun Kecamatan Panai Hilir yang merupakan Kecamatan terjauh dari Ibu Kota Kabupaten Labuhanbatu-Rantauprapat.

Usai acara Kunker dan dialog sekitar 4 (empat) Jam, Plt.Bupati Labuhanbatu dan rombongan dijamu makan siang dirumah dinas Camat Panai Hilir dan setelah usai Sholat Zuhur, kembali menuju Kota Rantauprapat. (Abi)