Tim Sergap dari Mabes TNI AD Kunker di Wilayah Kodim 0209/LB

Tim Sergap dari Mabes TNI AD Kunker di Wilayah Kodim 0209/LB

Foto: Istimewa/Abi Pasaribu

Sipayo.com – Tim Serapan Gabah Petani (Sergap) dari Mabes TNI AD yang dipimpin Kolonel Inf Suyitno kunjungan kerja diwilayah Kodim 0209/LB khususnya di Kabupaten Labuhanbatu Utara Selasa (12/3/2019) Sekitar pukul 13.00 WIB.

Dalam Kunjungannya, tim sergap Mabesad beserta rombongan meninjau kilang padi Sinar Jaya di Dusun Pertanian, Desa Damuli Pekan Kualuh Selatan, Labuhanbatu Utara. Dan melakukan tatap muka di Aula Dinas Pertanian Kab. Labura kepada para perwakilan pok tani, pemilik kilang padi dan masyarakat.

Dikesempatanya Kolonel Inf Suyitno mengatakan, luas tanah kita semakin lama semakin sedikit, karena di pergunakan untuk perluasan perumahan dan infrastruktural. Semakin banyak kita import beras harga diri bangsa akan tergadaikan dan disini TNI turun ke lapangan untuk membantu masyarakat untuk mempertahankan lahan pertanian.

“Saya himbau kepada masyarakat untuk tidak menjual tanah dan mengalihfungsikan lahan pertanian sawah ke tanaman lain seperti lahan sawit dan lahan karet. Keinginan pemerintah ke depan ingin menciptakan petani modern dan akan di beri fasilitas untuk pertanian baik perairan maupun alat untuk pertanian dan harapan pemerintah hasil dari kelompok tani di jual ke Bulog,” ungkap Suyitno.

Sementara itu Dandim 0209/LB Letkol Inf Santoso dalam laporannya mengatakan mengapresiasikan atas kedatangan sergap kewilayahan Kodim yang dipimmpinya, ketahanan Pangan, lanjut Dandim, adalah merupakan salah satu simbol kekuatan suatu negara, karena itu TNI dalam hal ini, perlu ikut terlibat dalam mendukung kegiatan Pertanian tersebut.

Dalam Kesempatan ini saya menegaskan bahwa Program Swasembada Pangan Kabupaten Labuhanbatu Raya merupakan prioritas yang harus kami dukung seperti hal,meningkatkan kemampuan Babinsa diBidang Pertanian dengan mengikuti Sosialisasi dan Penataran terus Mengawal dan Melakukan Pendampingan kepada Pok Tani tersebar di Wilayah Kodim 0209/LB.

Selanjutnya,berkerjasama dengan pemerintah daerah untuk meningkatkan hasil panen, menugaskan dan memerintahkan seluruh Babinsa yang dikoordinir langsung oleh para Danramil Jajaran Kodim 0209/LB, TNI dalam hal ini Kodim 0209/LB siap memberikan bantuan dan pendampingan kepada petani.

“Untuk luas lahan pertanian sawah di Labuhanbatu = 18.071 Ha. Luas lahan pertanian sawah di Labura = 22.831 Ha. Begitu juga luas lahan pertanian sawah di Labusel = 457.92 Ha,” papar Santoso dalam laporannya.

Tampak hadir dikunjugan tim sergap itu, Mayor Inf Ertiko Cholifa, S.H, S.Pd (Kasdim 0209/LB), Mayor Inf Hendra Gunawan (Pasi Wanwil Siterrem 022/PT), para Danramil Jajaran Kodim 0209/LB, para Perwira Staf Kodim 0209/LB, Muhammad Khoiruddin (Ka Kansilog Labuhanbatu), para Babinsa Dim 0209/LB Wilayah Kab. Labura, Para anggota kelompok tani, pemilik kilang dan masyarakat. (Abi Pasaribu)