Hadiri Konser Perkulcapi, Arya Sinulingga : Kulcapi Adalah Kekayaan Karo Untuk Indonesia

Hadiri Konser Perkulcapi, Arya Sinulingga : Kulcapi Adalah Kekayaan Karo Untuk Indonesia

 

Sipayo.com – Indonesia merupakan negeri yang beragam yang suku dan budaya. Beragamnya suku dan budaya ini tentunya menjadi Indonesia salah satu negeri yang memiliki kekayaan dalam seni dan budaya salah satunya alat musik. Dari beragam alat musik tersebut salah satunya adalah Kulcapi.

Kulcapi sendiri merupakan salah satu alat musik khas milik suku Karo yang ada di Sumatera Utara. Kulcapi sendiri merupakan alat musik petik yang hanya memiliki 2 senar. Alat musik ini sendiri mampu suara yang khas yang memang tidak akan ditemukan alat musik yang lain.

Namun demikian, perkembangan kulcapi saat ini seolah tergilas dengan perkembangan alat musik modern. Tak jarang, anak-anak muda juga tidak lagi mampu memainkan kulcapi ini dikarena minimnya pergelaran kulcapi di era sekarang.

Melihat hal tersebut, puluhan anak muda penggiat kulcapi menggelar konser perkulcapi untuk NKRI selama sabtu-Minggu (30-31/3/2019) di Kota Berastagi. “Kegiatan ini sendiri kami buat untuk menciptakan ruang bagi para perkulcapi muda untuk berekspresi dan mengeksplor alat musik kulcapi,” jelas Jacky Raju, Senin (1/4/2019).

Jacky sendiri berharap kedepan, kegiatan yang sama dapat digelar disejumlah lokasi sehingga semakin memperkenalkan kulcapi ke masyarakat Indonesia. “Kita berharap masyarakat Indonesia bahkan dunia akan semakin mengenal karo melalui alat musiknya yakni kulcapi,” jelas Jacky.

Sementara itu, salah satu tokoh nasional Arya Sinulingga yang menghadiri acara Perkulcapi Sada Tendi mengungkapkan bahwa kulcapi merupakan salah satu alat musik karo yang harus terus dilestarikan. “Kita sudah dengar sendiri bagaimana kulcapi ini dimainkan dan mampu menghasilkan suara yang sangat indah dan berkelas,. Ini kekayaan Karo untuk Indonesia, ” jelas Arya.

Sebagai salah satu tokoh nasional yang bersuku karo, Arya mengungkapkan bahwa kulcapi ini harus didorong promosinya agar semakin dikenal. “Kulcapi sendiri bukan untuk dipertandingkan, namun ditunjukkan dan diperdengarkan kepada dunia,” jelas Arya.

Senada dengan Jacky, Arya juga berharap event yang sama harus kembali digelar secara rutin. “Ini harus kita gelar secara rutin dengan skala dan pentas yang lebih besar lagi,”tutupnya..