Arya Sinulingga dan Cendekiawan Karo Audiensi ke Menpar Bahas Pengembangan KSPN Danau Toba

Arya Sinulingga dan Cendekiawan Karo Audiensi ke Menpar Bahas Pengembangan KSPN Danau Toba

Sipayo.com – Tokoh Nasional asal Karo, Arya Mahendra Sinulingga bersama perwakilan Ikatan Cendikiawan Karo (ICK) Sumatera Utara melakukan kunjungan dalam rangka audiensi ke kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Jakarta, Selasa (21/5/2019). Kedatangan Arya bersama ICK diterima langsung oleh Menteri Pariwisata (Kemenpar), Arief Yahya.

Dalam pertemuan dengan Menteri Pariwisata, Arya Sinulingga menyampaikan beberapa isu strategi, salah satunya adalah terkait belum adanya akses jalan yang cukup layak ke Kawasan Utara Danau Toba yang meliputi Kabupaten Karo, Dairi, Pakpak Bharat dan Samosir.

Menurut Arya, saat ini akses menuju lokasi wisata tersebut hanya melalui rute jalan Medan-Berastagi. Disisi lain keberadaan jalan tersebut kerap macet parah sampai 6 jam atau lebih. Hal tersebut diproyeksi telah menimbulkan kerugian hingga Rp3-4 miliar per harinya.

“Atas dampak ini akan terjadi perpindahan minat turis dari kawasan Utara Danau Toba ke Selatan, sehingga komoditas dan pariwisata di kawasan Utara Danau Toba akan kurang memiliki daya saing yang mengakibatkan disparitas pembangunan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Arya dan para Cendekiawan Karo Sumut menyampaikan usulan program strategis dan memohon perkenan Menpar Arief Yahya untuk memperjuangkan ke Kementerian terkait untuk mendukung peningkatan jalan Medan-Berastagi dan pembangunan jalan alternatif.

“Selain peningkatan jalan Medan-Berastagi, pembangunan jalan alternatif Rawasering dan pembangunan Jalan Tol dari Simpang Amplas – Tiga Panah juga sangat penting didukung oleh Kemenpar,” harap Arya.

Lebih lanjut Arya menyampaikan, dua solusi melalui perbaikan aksesibilitas tersebut akan mampu menjaga keseimbangan kawasan Danau Toba, mengingat Kabupaten Karo menjadi wilayah interkoneksi ke 10 Kabupaten di sekeliling Danau Toba dan 2 provinsi, yaitu Sumut dan Aceh.